Jumat, 15 Oktober 2021 15:04

Deddy Corbuzier Diangkat Prabowo Jadi Duta Komponen Cadangan

Deddy Corbuzier Diangkat Prabowo Jadi Duta Komponen Cadangan

ABATANEWS – Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto mengangkat Youtuber Deddy Corbuzier menjadi Duta Komponen Cadangan (Komcad) TNI.

Dalam akun Instagram pribadinya @mastercorbuzier, salah satu foto menggambarkan Deddy dan Menhan Prabowo saling memberikan hormat.

Komcad angkatan pertama resmi ditetapkan dalam sebuah upacara yang digelar di Pusdiklatpassus, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/10/2021). Penetapan Komcad angkatan pertama dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga : Jokowi Sambut Paus Fransiskus di Istana Negara, Prabowo Subianto Diperkenalkan Pertama

Kala itu, Prabowo turut mendampingi Jokowi. Keduanya terlihat mesra dalam acara penetapan Komcad tersebut. Jokowi dan Prabowo menaiki jip terbuka yang sama saat memeriksa pasukan Komcad TNI.

Komponen Cadangan adalah program sukarela atau tidak wajib yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN). Mobilisasi Komponen Cadangan hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI dan di bawah kendali Panglima TNI.

Jokowi telah menetapkan 3.103 anggota komponen cadangan (komcad) yang akan mendukung TNI sebagai komponen utama pertahanan RI. Anggota komcad TNI AD tersebut berasal dari bermacam-macam daerah dan profesi.

Baca Juga : Cak Imin Sebut Prabowo Batal Hadir di Penutupan Muktamar PKB Karena Masuk Angin

Diketahui mereka telah mendaftarkan diri secara sukarela serta melewati tahap seleksi pada 1-17 Juni 2021 dan pelatihan dasar kemiliteran pada 21 Juni-18 September lalu.

Melansir akun Instagram @belanegara_org yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Ditjen Pothan Kemhan), para anggota komcad berasal dari berbagai latar belakang. Ada yang berprofesi sebagai, wartawan, dosen, wiraswasta, dan mahasiswa. Setelah latihan selama tiga bulan di rindam masing-masing, nantinya mereka akan kembali menjadi warga negara biasa.

Komentar