Sabtu, 02 Desember 2023 17:10

Debat Capres-Cawapres Berubah Format, Ganjar-Mahfud Siapkan Program Anti Korupsi

Ganjar Pranowo saat berasa di La Cove Restaurant, Kupang, Provinsi NTT pada Sabtu (2/12/2203). (Ist)
Ganjar Pranowo saat berasa di La Cove Restaurant, Kupang, Provinsi NTT pada Sabtu (2/12/2203). (Ist)

ABATANEWS.COMKPU RI membantah isu bahwa tidak akan diadakan debat Capres-Cawapres pada Pilpres 2024 mendatang. Melainkan, debat Capres-Cawapres hanya dirubah formatnya oleh KPU RI.

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari mengatakan tetap ada debat Capres-Cawapres. Hal itu, telah tertuang dalam UU Pemilu yang menentukan ada lima kali debat.

“Masing-masing tiga kali debat Capres, dan dua kali debat cawapres,” kata Hasyim dalam keterangan persnya menanggapi pemberitaan soal debat capres-cawapres, Sabtu (2/12/2023).

Baca Juga : PDIP Umumkan Usungan di Pilgub Akhir Juli, Siapa Disiapkan Lawan Andi Sudirman?

Hanya saja, debat Capres dan Cawapres untuk Pilpres 2024 ini akan berbeda ketimbang Pilpres 2019. Di mana format baru pada Pilpres 2024, baik Capres atau Cawapres akan sama-sama mendampingi saat dilaksanakan debat.

“Hal ini dilakukan supaya publik makin yakin lah kerja sama antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat,” kata Hasyim.

Sementara itu, Capres dan Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah menyiapkan program khusus saat debat pertama Capres-Cawapres Pilpres 2024. Rencananya, debat tersebut dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

Baca Juga : Jokowi Teken Keppres Pemberhentian Ketua KPU, DPR Masih Tunggu Surpres Pengganti

Capres Ganjar Pranowo mengatakan program khusus yang nantinya akan dipaparkan adalah soal Anti Korupsi. Program ini dinilainya penting untuk dibahas pada debat nanti karena maraknya korupsi dalam beberapa tahun belakangan.

“Pemberantasan Korupsi menjadi Visi-Misi unggulan kami. Korupsi harus disikat habis sampai ke akar-akarnya,” kata Ganjar Pranowo di La Cove Restaurant, Kupang, Provinsi NTT pada Sabtu (2/12/2203).

Menurut mantan Gubernur Jawa Tengah ini, program anti korupsi sudah siap dipaparkan secara lahir dan batin. Sebab dirinya, sudah cukup berpengalaman menangani masalah korupsi.

Baca Juga : Presiden Jokowi Resmi Berhentikan Hasyim Asy’ari dari Ketua KPU karena Pelanggaran Etik

Selain itu, tema tersebut cukup dikuasai oleh Cawapres-nya, Mahfud MD. Olehnya itu, dirinya yakin saat pemaparan program di debat Capres pertama akan berjalan lancar.

“Pemberantasan Korupsi menjadi Visi-Misi unggulan kami. Korupsi harus disikat habis sampai ke akar-akarnya,” jelasnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar