Rabu, 30 Maret 2022 11:20

Dapat Sanksi dari Google, Rusia Siapkan Pengganti Google Play

Ilustrasi layanan Google Play (Reuters)
Ilustrasi layanan Google Play (Reuters)

ABATANEWS – Sanksi terus berjatuhan kepada Rusia akibat melakukan invasi ke wilayah Ukraina. Tak hanya dari pemerintah Barat, Rusia juga mendapat sanksi dari perusahaan ternama.

Salah satunya adalah Google Play yang menangguhkan layanan berlangganan di Rusia. Pihak Google Play menghentikan penyediaan layanan di negeri Beruang Merah yang mulai berlaku bulan ini.

Namun, organisasi Rusia yang berfokus pada pengembangan digital, Digital Platforms tengah mengembangkan aplikasi pengganti Google Play. Rencananya, aplikasi pengganti ini akan diluncurkan pada Mei 2022 mendatang.

Baca Juga : Diduga Lakukan Monopoli, KPPU Mulai Sidang Google

“Sayangnya, warga Rusia tidak bisa lagi menggunakan Google Play secara normal untuk membeli aplikasi. Pengembang kehilangan sumber pendapatan mereka,” kata direktur Proyek Digital Platforms, Vladimir Zykov seperti dilansir dari Reuters, Rabu (30/3/2022).

Digital Platforms pun membuat pasar aplikasi Rusia, NashStore, yang berarti “toko kami” dalam bahasa setempat. NashStore akan menjadi pengganti Google Play pada perangkat Android dan akan menudukung kartu Mir, yang tidak bisa lagi digunakan pada platform arus utama.

Penulis : Redaksi
Komentar