Kamis, 19 Oktober 2023 11:51

Dampak Kemarau Makin Meluas, Beni Iskandar Perintahkan Pengantaran Air Hingga Dini Hari

Dampak Kemarau Makin Meluas, Beni Iskandar Perintahkan Pengantaran Air Hingga Dini Hari

ABATANEWS, MAKASSAR – Fenomena kekeringan yang melanda khususnya di Kota Makassar masih berlangsung. Alhasil, kekeringan diberbagai kawasan semakin meluas.

Maka dari itu, Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar mengkonfirmasi jika saat ini Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang beroperasi tersisa IPA 1 dan IPA 5. Sementara IPA 2 dan IPA 4 masih dalam kondisi siaga karena kadar klorida air baku dari Sungai Jeneberang naik dan melebihi ambang batas.

Direktur Umum dan Pelayanan Perumda Air Minum Kota Makassar, Indira Mulyasari menyampaikan bahwa saat ini pihaknya menyuplai air bersih dengan berkolaborasi bersama Pemerintah Kota Makassar, BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran,. Bahkan, pihak Kecamatan yang terdampak kemarau panjang untuk pendistribusian air bersih ke masyarakat.

Baca Juga : Survei Kepuasan Pelanggan PDAM Makassar Meningkat, Beni Iskandar: Bukti Pengabdian Terus Mengalir

“Data update terkini air bersih yang sudah kami salurkan hingga 15 Oktober 2023 sebanyak 15.023.021 liter untuk 9 kecamatan,” ucap Indira.

Indira menyampaikan jika pihaknya tetap akan melayani pelanggan dengan maksimal sembari berharap kemarau bisa cepat berlalu dan air akan normal kembali.

“Sesuai perintah Pak Dirut, petugas kami melakukan pendistribusian air hingga dini hari baik melalui tangki ataupun tandon di wilayah pelayanan, kami memaksimalkan hal tersebut namun berharap bahwa kemarau akan cepat berlalu,” sambungnya.

Baca Juga : Pipa PDAM Makassar Bocor di Daerah Perintis, Pasokan Air di Sejumlah Wilayah Terganggu

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Makassar, Beni Iskandar menyampaikan permohonan maaf atas dampak yang dialami. “Kami mohon maaf atas dampak yang terjadi, ditengah keterbatasan kami akan berupaya maksimal melayani masyarakat,” ucap Beni.

Sebagaimana arahan Wali Kota Makassar, Bapak Danny Pomanto yang memerintahkan berbagai pihak untuk membantu pendiristribusian air, Beni menyampaikan bahwa distribusi dari pihak selain PDAM adalah sebanyak 7.247.690 liter.

“Kami menyampaikan terima kasih atas bantuan dari berbagai instansi yang telah membantu, terlebih BPBD Kota Makassar yang setiap hari berkoordinasi dengan kami. Tiap hari kami mengirimkan data permintaan air bersih ke BPBD. Masyarakat yang membutuhkan bantuan air tangki dapat menghubungi call center Pemerintah Kota Makassar di 112, call center Perumda Air Minum Kota Makassar di 1500411, atau call centre BPBD Kota Malassar di 0811417112,” tutupnya.

Penulis : Azwar
Komentar