Senin, 14 Oktober 2024 21:27

China Berambisi Bangkit, Indonesia Tampil Tanpa Jordi Amat

Timnas Indonesia U-23 secara fantastik mampu menumbangkan Jordania dalam laga pamungkas Grup A Piala Asia U-23, pada Ahad (21/4/2024).
Timnas Indonesia U-23 secara fantastik mampu menumbangkan Jordania dalam laga pamungkas Grup A Piala Asia U-23, pada Ahad (21/4/2024).

ABATANEWS, JAKARTA — Menjelang laga krusial Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga, Timnas China yang diasuh oleh Branko Ivankovic memasang target tinggi.

Bermain di kandang sendiri, Stadion Qingdao Youth Football, pada Selasa (15/10/2024) besok, Ivankovic menegaskan timnya harus tampil agresif dan penuh ambisi demi mengamankan poin penuh.

Pasalnya, posisi China saat ini terpuruk di dasar klasemen Grup C tanpa satu pun kemenangan dari tiga laga sebelumnya.

Baca Juga : Berbuntut Panjang, Situs Web dan Akun Media Sosial Federasi Sepakbola Bahrain Diretas

Ivankovic menyadari betul tantangan yang akan dihadapi timnya saat bertemu Indonesia.

“Indonesia adalah tim kuat dengan beberapa pemain yang berkarier di luar negeri, termasuk di Belgia dan Belanda,” ungkap pelatih asal Kroasia itu, melansir situs AFC.

Namun, ia menegaskan bahwa China harus memanfaatkan tujuh pertandingan tersisa untuk terus mengumpulkan poin agar menjaga peluang lolos ke Piala Dunia 2026.

Baca Juga : Sudah Kirim Surat Protes Wasit Ahmed Al Kaf, PSSI Binggung Pernyataan Sekjen AFC

Sementara itu, dari kubu Indonesia, pelatih Shin Tae-yong (STY) menyampaikan kekhawatirannya terhadap kondisi beberapa pemain inti yang mengalami cedera, termasuk bek tangguh Jordi Amat.

“Kondisi Amat semakin memburuk, dan belum pasti apakah ia bisa tampil,” ujar Shin dalam konferensi pers jelang laga, seperti keterangan yang dikirim PSSI.

Meskipun demikian, STY memastikan seluruh pemain lainnya tetap fokus dan siap memberikan perlawanan sengit kepada China.

Baca Juga : AFC Minta Klarifikasi PSSI Soal Protes Wasit Ahmed Al Kaf di Laga Indonesia vs Bahrain

Meskipun China belum berhasil meraih kemenangan dalam tiga laga terakhirnya, Shin Tae-yong menolak meremehkan tim lawan.

“Tidak ada lawan yang bisa diremehkan,” tegasnya.

Indonesia saat ini berada satu tingkat di atas China setelah meraih hasil imbang dalam tiga laga sebelumnya, dan laga di Qingdao akan menjadi penentu bagi kedua tim untuk menjaga asa mereka dalam kualifikasi Piala Dunia.

Baca Juga : Media Vietnam Soroti Kevin Diks yang Akhirnya Gabung Timnas Indonesia

Dengan kondisi China yang tertekan setelah kekalahan beruntun dari Jepang, Arab Saudi, dan Australia, Ivankovic harus membawa timnya bangkit, sementara Indonesia berharap bisa memanfaatkan situasi ini untuk meraih hasil positif, meskipun dilanda masalah cedera.

Penulis : Wahyuddin
Komentar