Minggu, 21 Juli 2024 20:05

Cegah Bencana, Jusuf Kalla Minta Seluruh Relawan PMI Gencar Tanam Pohon

Cegah Bencana, Jusuf Kalla Minta Seluruh Relawan PMI Gencar Tanam Pohon

ABATANEWS, MAKASSAR – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla atau JK mendorong relawan untuk tidak hanya tanggap saat terjadi bencana alam.

Namun yang utama bagi JK adalah memperioritaskan metode antisipasi terjadinya bencana alam. Menurut JK, hal tersebut penting agar menghilangkan persepsi jika PMI

selama ini hanya tanggap pada banjir, pada longsor atau bencana lainnya. “Kita harus prioritaskan dan berusaha untuk memperbaiki lingkungan sehingga seluruh relawan diwajibkan menanam pohon setiap tahun,” kata JK dalam sambutannya usai melantik pengurus PMI Sulsel Periode 2023-2028 di Hotel Novotel Makassar, Sabtu (20/07/2024).

Baca Juga : Fatmawati Rusdi Mappatabe’ di Kediaman Jusuf Kalla

Tak hanya menanam pohon sendiri, seluruh relawan juga diminta untuk mengajak keluarga, rekan dan kerabatnya melakukan penanaman pohon secara bersama-sama.

Bahkan JK akan meminta para relawan untuk mempelajari teknologi penghijauan dalam upaya mendukung upaya antisipasi terjadinya bencana alam tersebut.

“Ini untuk mencegah bencana yang lebih besar di masa yang akan datang,” tambah Wakil Presiden RI 10 dan 12 teesebut.

Baca Juga : Jusuf Kalla Kritik Sistem Merdeka Belajar, Sebut Kacau Balau

Dengan upaya tersebut, JK mengungkapkan akan melengkapi fungsi utama PMI yang selama ini hanya dikenal melakukan donor darah.

Pada kesempatan sama, JK juga membeberkan fungsi PMI itu adalah berbuat baik dengan ikhlash dan kerelawanan. PMI juga merupakan gerakan kemanusiaan. Itu juga yang menjadi alasan JK gencar mengkampanyekan perdamaian.

Penulis : Wahyuddin
Komentar