Minggu, 16 Mei 2021 19:19

Catat! Daerah di Sulsel Ini Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang Hingga 18 Mei

Catat! Daerah di Sulsel Ini Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang Hingga 18 Mei

ABATANEWS, MAKASSAR – Sejumlah daerah di Sulawesi Selatan berpotensi mengalami hujan sangat lebat dan angin kencang hingga tanggal 18 Mei 2021 mendatang.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV memprediksi Luwu Utara, Luwu Timur, Palopo, dan Toraja Utara mengalami hal tersebut.

”Mencermati dinamika perkembangan atmosfer terkini yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktifitas potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Sulsel selama tiga hari (16-18) Mei 2021,” kata Kepala BMKG Sulsel Darmawan dalam pengumumannya.

Baca Juga : Akhir Pekan, Berikut Perkiraan Cuaca di Wilayah Sulsel

Sementara itu, potensi hujan sedang dan lebat terjadi di kabupaten Toraja, Enrekang, Sidrap, Wajo dan Pinrang.

“Kondisi ini terjadi karena adanya sirkulasi siklonik di Selat Makassar bagian tengah sehingga menyebabkan pertemuan angin yang memanjang dari Laut Banda hingga Sulawesi Barat,” jelasnya

Selain itu, masyarakat diimbau mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulawesi Selatan dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter khususnya Selat Makassar bagian Selatan.

Baca Juga : Ini Perkiraan Cuaca di Sulsel di Hari Raya Idul Adha, Sebagian Wilayah Berpotensi Hujan

“Masyarakat dan pengguna layanan transportasi darat/laut/udara agar tetap waspada dan behati-hati terhadap dampak bencana,” katanya.

Komentar
Berita Terbaru