Rabu, 14 September 2022 14:06

Bupati Sinjai Marah dan Suruh Inspektorat Sanksi ASN Andi Adi yang Tendang Wanita

Pelaku yang tendang perempuan di jalanan kini sudah diamankan oleh pihak kepolisian setempat. (Istimewa)
Pelaku yang tendang perempuan di jalanan kini sudah diamankan oleh pihak kepolisian setempat. (Istimewa)

ABATANEWS, MAKASSAR – Video viral yang memperlihatkan seorang ASN bernama Andi Iswadi, menendang seorang perempuan, berbuntut panjang.

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa kini telah memerintahkan Inspektorat Sinjai untuk memberi sanksi kepada Andi Adi —sapaan Andi Iswadi—.

Seto marah, setelah menyaksikan video berdurasi 15 detik itu. Apalagi, kejadiannya berlangsung di ruang publik.

Baca Juga : ASN Andi Adi Akhirnya Tersangka Kasus Tendang Perempuan di Jalanan

“Saya sudah perintahkan langsung Inspektur Inspektorat agar yang bersangkutan diperiksa dan dihukum sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Seto, pada Rabu (14/9/2022), seperti dikutip dari Fajar Sulsel.

Inspektur Inspektorat Sinjai, Andi Adeha Syamsuri mengaku telah mendapat perintah langsung dari Bupati Sinjai untuk menangani kasus ini. Oleh karena itu, selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah, pihaknya telah memerintahkan timnya untuk melakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan.

Baca Juga : Usulkan 10.385 Formasi PPPK Guru, Andi Sudirman Raih Penghargaan dari MenPAN-RB

Termasuk sanksi apa yang akan dijatuhkan atas perbuatannya. Kendati demikian, pihaknya tetap berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) karena pelaku tengah menjalani pemeriksaan oleh kepolisian.

“Kami akan periksa yang bersangkutan, sesuai perintah Bapak Bupati, kami selaku APIP akan periksa terkait ASN-nya dan kepolisian terkait pidananya, kami akan berkoordinasi,” tambahnya.

Diketahui, video penendangan mantan Lurah Biringngere Kecamatan Sinjai Utara berdurasi lima detik itu viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi pada hari Senin, 13 September sekitar pukul 17.00 Wita di depan kolam renang Sinjai atau jalan Bhayangkara.

Baca Juga : Peringatan Gubernur Andi Sudirman ke ASN: Integritas Adalah Siri’ Na Pacce

Pelaku terlihat emosi kepada korban akibat motor korban menabrak mobil pelaku. Namun aksi tak terpuji dilakukan oleh pelaku dengan menendang kendaraan korban hingga terjatuh. Apalagi pelaku sebagai aparat pemerintah yang sedianya memberikan pelayanan baik dan contoh kepada masyarakat.

Penulis : Azwar
Komentar