Kamis, 24 November 2022 15:04

Bupati Sinjai Dilantik Jadi Ketua Tidar Sulsel, Usul 50 Persen Caleg Gerindra dari Pemuda

Pengurus DPD Tunas Indonesia Raya (Tidar) Sulsel resmi dilantik oleh Pengurus DPP Tidar, di Hotel Claro, Makassar, pada Kamis (24/11/2022).
Pengurus DPD Tunas Indonesia Raya (Tidar) Sulsel resmi dilantik oleh Pengurus DPP Tidar, di Hotel Claro, Makassar, pada Kamis (24/11/2022).

ABATANEWS, MAKASSAR — Pengurus DPD Tunas Indonesia Raya (Tidar) Sulsel resmi dilantik oleh Pengurus DPP Tidar, di Hotel Claro, Makassar, pada Kamis (24/11/2022).

Ketua DPP Tidar, Rahayu Saraswati hadir langsung melantik Ketua DPD Tidar Sulsel, Andi Seto Gadhista beserta 12 Ketua DPC Kabupaten/Kota di Sulsel.

Seperti diketahui, Tidar merupakan sayar organisasi Partai Gerindra yang menghimpun kalangan pemuda. Atau yang kini dikenal akrab sebagai kalangan milenial dan generasi Z.

Baca Juga : 5 Arahan Presiden Jokowi Dalam Menghadapi Pemilu 2024, Tak Ada Soal Rambut Putih

Saras, sapaan akrab Rahayu Saraswati, usai pelantikan, mengatakan, pelantikan ini merupakan bagian dari upaya Partai Gerindra untuk menatap Pemilu 2024 mendatang.

Ia menegaskan, Tidar diharapkan mampu merangkul kalangan pemuda untuk membawa Partai Gerindra berjaya di tiap momentum politik ke depannya.

“Besar sekali suara mereka sebagai pemilih 2024. Jadi anak muda ini, kita nggak mau dianggap hanya sebagi objek, kita mau dianggap sebagi subjek,” jelasnya.

Baca Juga : Untuk Kesekian Kalinya, Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel Gelar Festival Nelayan

Makanya, lanjut mantan Anggota DPR RI ini, menjelaskan, lewat Tidar, kaum pemuda dipersiapkan untuk jadi calon pemimpin di masa yang akan datang.

“Kalau saya katakan, sebenarnya milenial dan gen Z itu, bukan mereka apatis. Tapi karena mereka frustrasi. Kita bisa tunjukkan bahwa ada teman-teman mereka adalah bagian dari Tidar, itu adalah sayap organisasi partai. Justru kita tunjukkan bahwa, eh kalau misalkan tertarik dengan politik, terlibat dalam politik, justru bisa memastikan masa depan mereka lebih baik,” jelas Saras.

“Kita mau membangunkan semangat itu dengan kita menjadi contoh. Jadi bukan kita menggurui, tapi kita memberikan contoh bahwa anak-anak muda ini keren-keren. palagi ada bupati muda kan dari kita, yang juga adalah ketua PD-nya,” jelas Saras.

Baca Juga : Geliatkan Industri Seni Bagi Perempuan Sulsel, Srikandi Ganjar Gelar Creative Competitio

Andi Seto Gadhista, yang juga merupakan Bupati Sinjai mengatakan, akan mendorong keterwakilan pemuda, khususnya dari anggota Tidar, untuk maju sebagai caleg pada Pileg 2024 mendatang.

“Kita akan mendorong minimal di setiap kabupaten/kota, ada 50 persen caleg dari anak muda. Khususnya Tidar dari DPC,” tutur Seto.

“Insya Allah kita berharap dari 50 persen yang kita dorong, minimal 20-30 persen masuk kedalam parlemen yang ada di kabupaten/kota Provinsi Sulsel,” pungkasnya.

Baca Juga : Jokowi: Pemimpin Mikirin Rakyat Itu Banyak Kerut di Wajah dan Berambut Putih, Ganjar?

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan, harapan dari Tidar memang besar. Mengingat, katanya, jumlah kaum milenial dan generasi Z memang begitu besar.

“Sebenarnya, kalau kita melihat anak-anak muda yang potensial, sudah ada banyak di Gerindra sendiri. Baik yang di fraksi (DPRD) kabupaten/kota maupun di provinsi,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut AIA, sisa dikembangkan sesuai dengan fokus dan potensi tiap pemuda yang bergabung di Tidar.

Baca Juga : Jelang Pemilu, Hamka Minta ASN Subbid Penghubung Makassar Jaga Netralitas

“Agar mereka semua bisa menjadi subjek, bukan sekadar menjadi pelengkap atau menjadi tim sukses atau apa selama ini,” anggota DPR RI itu.

Penulis : Sutrisno
Komentar