Kamis, 12 Mei 2022 15:19

Bupati Lutra Tinjau Longsor di Sabbang-Rongkong

Bupati Luwu Utara (Lutra) Sulsel, Indah Putri Indriani saat meninjau progres pengerjaan ruas Sabbang - Tallang di Dusun Makaratte, Kecamatan Rongkong yang mengalami longsoran. (foto: Pemkab Lutra)
Bupati Luwu Utara (Lutra) Sulsel, Indah Putri Indriani saat meninjau progres pengerjaan ruas Sabbang - Tallang di Dusun Makaratte, Kecamatan Rongkong yang mengalami longsoran. (foto: Pemkab Lutra)

ABATANEWS, LUTRA – Bupati Luwu Utara (Lutra) Sulsel, Indah Putri Indriani meninjau progres pengerjaan ruas Sabbang – Tallang. Tepatnya di Dusun Makaratte, Kecamatan Rongkong yang mengalami longsoran beberapa waktu lalu.

Dari laporan UPT Wilayah I Palopo Dinas PUTR Provinsi Sulsel, akses jalan ini sudah kondusif untuk dilalui roda empat. Meski begitu, akan tetap dilakukan pelebaran badan jalan.

“Atas nama Pemda, kami mengapresiasi koordinasi yang cukup efektif akhir-akhir ini. Hasilnya sudah tampak di lapangan. Karena, yang paling penting saat ini adalah memastikan akses ini terbuka sehingga masyarakat kita yang beraktivitas menuju dan dari Kecamatan Rongkong – Seko tidak terganggu aktivitasnya,” papar Indah Putri Indriani, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga : Luwu Utara Raih Predikat WTP ke-10 Kalinya dari BPK RI

Ia berharap nantinya akan ada penanganan secara permanen. Karena ini baru penanganan tanggap darurat sebagaimana disampaikan bahwa permanennya akan didesign dengan sebaik-baiknya oleh Dinas PUTR Sulsel.

Ia pun mengimbau kepada warga khususnya di Kecamatan Rongkong, Sabbang dan Masamba wilayah pegunungan untuk mengantisipasi pergerakan tanah. Sebagaimana telah diketahui, di dalam peta kerawanan bencana yang dikeluarkan oleh BNPB, Inaris, termasuk pemerintah daerah itu telah menetapkan.

Bahwa kecamatan disebutkan tadi adalah wilayah dengan tingkat pergerakan tanah yang sangat tinggi. Oleh karena itu, ia telah menginstruksikan untuk kiranya dapat diimbau oleh perangkat daerah teknis, pemerintah kecamatan, dan desa.

Baca Juga : Andi Sudirman ‘Warning’ Pemkab Lutra Selesaikan Jembatan Lawewe

“Untuk menyampaikan kepada masyarakat agar mengontrol pembukaan lahan, bukan melarang tapi mengontrol pembukaan lahan. Kalaupun sudah ada terbuka, maka diimbau untuk melakukan aktivitas penanaman komoditi tanaman yang dapat mendukung ketahanan lahan,” pungkasnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar