Senin, 26 Februari 2024 21:07

Bulog Pastikan Stok Beras Aman Selama Ramadan dan Idulfitri 1445 H

Dok. Cadangan beras Bulog. (foto: Bulog)
Dok. Cadangan beras Bulog. (foto: Bulog)

ABATANEWS.COM – Perum BULOG memastikan stok cadangan beras pemerintah cukup untuk memenuhi kebutuhan selama bulan suci Ramadan dan idulfitri 1445 H atau tahun 2024. Pasalnya, stok beras Bulog saat ini masih ada sebanyak 1,4 juta ton.

“Masih ada juga sisa kuota penugasan impor tahun ini sebanyak 1,5 juta ton. Jadi jumlahnya sangat cukup untuk kebutuhan penyaluran baik untuk kebutuhan puasa dan lebaran, maupun penyaluran bantuan pangan sampai dengan bulan Juni,” kata Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Mokhamad Suyamto, dalam keterangan tertulisnya Senin (26/2/2024).

Suyamto menambahkan bahwa Bulog akan terus melakukan manuver positif menyikapi harga beras yang masih fluktuatif. Untuk itu, pihaknua akan berkomitmen menjalankan semua penugasan dari pemerintah.

Baca Juga : Silaturahmi Idul Fitri, Danny Pomanto dan OPD Pemkot Sambut Kapolda Sulsel di Kediaman

Apalagi saat ini, Bulog melaksanakan penyaluran Bantuan Pangan sebanyak 10 Kg ke masing-masing kepada 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan tersebt disalurkan mulai bulan Januari sampai dengan Juni 2024 mendatang.

“Selanjutnya terus menggelontorkan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang disalurkan ke pasar induk, pasar tradisional dan retail modern

Bulog juga melakukan intervensi melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) yang mendatangi langsung ke pemukiman penduduk atau tempat keramaianm. Hanya saja, diperlukan waktu agar tercapainya keseimbangan harga baik di tingkat produsen dan konsumen.

Baca Juga : 4 Tips Turunkan Kolesterol Pasca Lebaran

“Namun, hal ini telah diperhitungkan dengan baik oleh pemerintah. Untuk itu, masyarakat tidak perlu merasa khawatir terhadap harga dan ketersediaan pangan khususnya beras,” pungkasnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar