Sabtu, 20 Juli 2024 12:03

Buka Bimtek APIP, Pj Bupati Takalar Harap Menghasilkan Laporan Yang Berkualitas

Buka Bimtek APIP, Pj Bupati Takalar Harap Menghasilkan Laporan Yang Berkualitas  

 

ABATANEWS, MAKASSAR – Dalam rangka Peningkatan Kapasitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Inspektorat Daerah Takalar telah melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Hasil Pengawasan TA 2024. Kegiatan ini dibuka Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad di Hotel Horison Makassar, Jumat (19/7/2024).

Setiawan Aswad mengatakan kegiatan ini sangat strategis, penting dan fundamental karena dari sisi manajemen pemerintahan sesuatu dibutuhkan. Dari sisi penyelenggaraan pemerintahan yang baik, dan qgar bisa berjalan dengan baik senantiasa diperlukan pengawasan dari berbagai pihak.

Baca Juga : Rapat Peningkatan Kualitas MCP Terkait Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

“Dan dalam pemerintahan senantiasa diperlukan pengawasan dari berbagai pihak, baik dari internal pemerintah ataupun eksternal. Diperlukan pengawasan eksternal karena standar kita dengan pengawas eksternal perlu dilakukan harmonisasi,” katanya.

Ia menambahkan kapasitas manajemen pemerintahan dari sisi pengawasan masih terbatas. Dengan pengawasan memastikan semua penyelenggaraan pemerintahan diselenggarakan dengan baik, transparan, akuntabel, efisien, efektif dan anti korupsi.

Upaya peningkatan kapasitas SDM harus senantiasa dilakukan agar lebih memahami dan level pengawasan dapat lebih ditingkatkan. Pihaknya juga harus menyampaikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Baca Juga : Pj Bupati Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus PORDASI Takalar

“Agar membangun kesadaran pengawasannya bahwa fungsi-fungsi pengawasan yang diberikan harus direspon dengan baik,” jelasnya.

Lebih jauh, Setiawan Aswad menambahkan bahwa laporan hasil pengawasan adalah untuk memastikan laporan kita berkualitas. Output harus berawal dari proses dan input yang berkualitas.

“Dan dengan Bimtek ini diharapkan bisa menambah kemampuan untuk bisa menghasilkan laporan yang berkualitas sebagai salah satu indikator berhasilnya pengawasan kita, dengan memberikan uraian, penjelasan dan kesimpulan secara baik,” imbuhnya.

Baca Juga : Setiawan Aswad Audiensi dengan Bank Indonesia, Bahas Potensi Kabupaten Takalar

Sementara itu, Ketua Panitia Buhari dalam laporannya mengatakan tujuan kegiatan ini agar para pegawai Inspektorat Takalar lebih mampu menyusun laporan hasil pengawasan yang nantinya akan digunakan dalam pengawasan.

“Adapun narasumber yaitu Pj Bupati Takalar, BPKP Perwakilan Prov. Sulsel dengan peserta semua tenaga teknis APIP Inspektorat Kab. Takalar, bimtek dilaksanakan selama 3 hari, 19 s/d 21 Juli 2024,” paparnya.

Hadir dalam bimtek tersebut Inspektur Daerah Takalar, Sekretaris Inspektur Takalar, Inspektur Pembantu Wilayah I, II, III, Inspektur Pembantu Bidang Pencegahan Investasi Ispektorat Takalar.

Penulis : Wahyuddin
Komentar