Minggu, 24 Juli 2022 14:40

Budi Waseso Ingatkan Pengurus Kwarnas Berbakti dan Mengabdi Tanpa Batas

Mantan Ketua Dewan Kerja Nasional 2013-2018, Yudha Adyaksa dipercaya mengembang amanah besar menjadi Kepala Pusat Informasi (Kapusinfo) Kwarnas Gerakan Pramuka. (Istimewa)
Mantan Ketua Dewan Kerja Nasional 2013-2018, Yudha Adyaksa dipercaya mengembang amanah besar menjadi Kepala Pusat Informasi (Kapusinfo) Kwarnas Gerakan Pramuka. (Istimewa)

ABATANEWS, JAKARTA – Mantan Ketua Dewan Kerja Nasional 2013-2018, Yudha Adyaksa dipercaya mengembang amanah besar menjadi Kepala Pusat Informasi (Kapusinfo) Kwarnas Gerakan Pramuka.

Keterpilihan Yudha yang dikenal sebagai penggiat media sosial sekaligus Author di Rumah Millennials, berdasarkan hasil pergantian antarwaktu dan pelantikan pengurus baru Kwarnas Gerakan Pramuka yang dipimpin langsung Komjen Pol (Purn) Budi Waseso di Gedung Cut Nyak Dien Ballroom, Buperta, Cibubur, Jakarta, Sabtu (23/7/2022).

Masuknya Yudha sebagai Kapusinfo merupakan sejarah baru dibawah kepemimpinan Budi Waseso sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, karena terbuka ruang bagi kaum milenial untuk mengambil bagian dalam membesarkan gerakan pramuka kedepannya.

Baca Juga : Bupati Maros Wajibkan Pegawai Kenakan Seragam Pramuka Tiap 14 Agustus

“Pergantian dan penambahan pengurus yang dilakukan merupakan bagian dari upaya penyegaran untuk menjadikan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka lebih berdaya guna dan berhasil guna,” kata Budi Waseso.

Bukan berarti lanjut mantan Kepala BNN, pengurus yang digantikan tidak berdaya dan berhasil guna.

Melainkan hal itu dimaksudkan agar akselerasi program-program yang dilakukan Kwartirnas gerakan pramuka menjadi lebih cepat, terarah, dan lebih terukur lagi.

Baca Juga : Kemendikbudristek Pastikan Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah

Adapun yang dilantik selain Yudha menjadi pimpinan kwarnas antara lain. Prof. Dr. Sri Puryono KS.MP sebagai Waka Kwarnas/Kakom Perencanaan dan pengembangan menggantikan Dr. Joko Murshito, Dr. Joko Mushito sebagai Waka Kwarnas/Kakom Binawasa menggantikan Sri Puryono, Dr. Sigit Muryono menjabat sebagai Waka Orgakum, Ahmad Rusdi sebagai Waka Kwarnas/Kakom Kerjasama Dalam Negeri, dan Yana Septiana sebagai Kepala Pusdiklat Kwartir Nasional.

Dengan adanya perubahan struktur jabatan dan kepengurusan, Budi Waseso mengingatkan kepada seluruh pengurus Kwarnas agar mampu meningkatan dan melakukan perbaikan kinerja lebih baik apalagi ke depan akan menghadapi sejumlah kegiatan besar.

Seperti, Jamnas XI Tahun 2022, yang pembukaanya dilaksankan bersamaan dengan HUT Pramuka ke-61 pada 14 Agustus mendatang.

Baca Juga : Adnan Purichta Terpilih Jadi Ketua Kwarda Pramuka Sulsel, Suhartina Bohari Ketua Harian

Jamnas XI Tahun 2022 itu digelar atas amanat Munas Gerakan Pramuka 2018 di Kendari, Sulawesi Tenggara, yang wajib kita selenggarakan sebaik mungkin.

Kandeti, saat ini masih banyak kendala, termasuk dalam penganggarannya, tetapi kita telah bertekad untuk menyukseskan Jamnas agar tetap berjalan baik dan lancar.

Selain Jamnas XI juga akan digelar Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional 2022 di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Tingkat Nasional 2022 di Bangka Belitung, dan Perkemahan Bela Negara Tingkat Nasional 2022 di Bengkulu.

Baca Juga : Ditarget Juara, Fatmawati Rusdi Lepas Tim Pramuka Makassar Wakili Sulsel

Adapun lanjut Buas, event besar kedepannya khusunya program tahun 2023 di antaranya lomba tingkat V Pramuka penggalang tingkat nasional, raimuna nasional, karang pamitran nasional, dan yang tak kalah penting adalah Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka 2023.

Untuk itu, marilah kita bekerja sebaik mungkin, sehingga dalam Munas mendatang, dapat memberikan pertanggungjawaban hasil kerja yang lebih baik.

Mengingat hal itu sejalan dengan tema utama kita pada tahun ini yaitu “Mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa”.

Baca Juga : Bupati Indah Harap Pramuka Bisa Cetak Generasi yang Bertanggung Jawab di Luwu Utara

“Marilah kita meneruskan pengabdian kita untuk berbakti tanpa henti dan mengabdi tanpa batas,” terangnya.

Tak hanya itu, kita juga harus bertekad untuk meneruskan pengabdian mendidik kaum muda Indonesia menjadi manusia-manusia berguna, berkarakter baik, dan pada gilirannya siap memimpin bangsa dan negara kita di berbagai bidang.

Terpisah Yudha menyampaikan ucapan terima kasih atas tugas dan amanah yang diberikan dan diembannya kedepan.

Baca Juga : Beras Impor Asal Vietnam Sudah di Indonesia, Segini Harganya

Dia berharap kepemimpinanya sebagai Kapusinfo Kwarnas Gerakan Pramuka bermanfaat dan mampu memberikan hal-hal positif, khususnya dalam membangun dan memajukan gerakan pramuka di seluruh tingkatan.

“Harapanya ini menjadi langkah awal di semua tingkatan kwartir untuk memberikan ruang bagi kaum milenial berkreasi dan beraktualisasi dalam hal yang lebih baik,” urai Yudha.

Selain pelantikan Waka Kwarnas/Ketua Komisi, Kepala Pusdiklat dan Kepala Pusinfo Kwarnas, pada saat bersamaan juga dilantik PAW Dewan Kehormatan Kwarnas yang terdiri dari 9 orang dan diketuai Sekjen Kwarnas, Dr. Bachtiar.

Baca Juga : Kwarcab Gerakan Pramuka Luwu Utara Bakal Gelar Perkemahan dan Festival Pramuka

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Waka Kwarnas/Kakom Binamuda, Prof. Dr. Slamet Budi Prayitno, Wakil Ketua Kwarnas/Kakom Pembinaan Anggota Dewasa, Prof. Dr. Ir. Sri Puryono Karto Soedarmo, M.P., Waka Kwarnas/Kakom Kehumasan dan Informatika, Berthold. DH Sinaulan, Waka Kwarnas/Kakom Saka, Sako dan Gugus Darma, Kak Mayjen TNI Mar (Purn) Yuniar Ludfi, Waka Kwarnas/Kakom Bela Negara, Brigjen TNI (Purn) Hasto Pratisto Yuwono, Waka Kwarnas/Kakom Aset dan Usaha, Yulius, Kapusdiklatnas, Dr. Sigit Muryono, dan para Andalan Nasional dan staf Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Penulis : Azwar
Komentar