Sabtu, 10 Desember 2022 13:14

BKKBN RI Puji Pemkab Lutra dalam Penanganan Stunting

Deputi Litbang BKKBN RI Prof Drh Muh.Rizal M Damanik saat berkunjung ke Kabupaten Luwu Utara sore kemarin, Jumat (09/12/2022)
Deputi Litbang BKKBN RI Prof Drh Muh.Rizal M Damanik saat berkunjung ke Kabupaten Luwu Utara sore kemarin, Jumat (09/12/2022)

ABATANEWS, LUTRA – Deputi Litbang BKKBN RI Prof Drh Muh.Rizal M Damanik memuji Kabupaten Luwu Utara dalam hal penanganan stunting.

Hal itu disampaikan langsung Prof Drh Muh.Rizal M Damanik saat berkunjung ke Kabupaten Luwu Utara sore kemarin, Jumat (09/12/2022)

“Prestasi yang diraih Luwu Utara dalam hal penanganan stunting sangat luar biasa. Saya tahu itu karena semua kabupaten di Sulsel datanya saya tahu,” kata Prof Drh Muh.Rizal M Damanik.

Baca Juga : Pesan Penuh Makna Indah Putri Indriani ke Peserta Orientasi Kepalangmerahan PMR di SMAN 4 Luwu Utara

Muh Rizal menambahkan, dari data yang disampaikan Bupati Luwu Utara terkait progres penanganan dan upaya yang dilakukan Luwu Utara dalam hal penanganan stunting, sangat layak jika kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang ini mendapat banyak penghargaan.

“Di Sulawesi Selatan Luwu Utara urutan kedua setelah Kota Makassar, dengan prevalensi stunting 19,2%. Kenapa saya katan ini luar biasa Luwu Utara ini wilayahnya terluas di Sulsel seperti yang dipaparkkan ibu bupati tadi,” jelas Muh Rizal.

Beberapa prestasi yang ditorehkan Luwu Utara di tingkat nasional seperti Manggala Karya Kencana (MKK) dan Wira Karya Kencana (WKK).

Baca Juga : Bupati Indah Minta Dukungan Semua Pihak Terkait Pembangunan Pembangkit Listrik di Kecamatan Rongkong

“Insya Allah tahun depan ibu bupati akan memperoleh prestasi prestasi yang lain. Makanya saya beberapa kali sampaikan kepada BKKBN Sulsel kapan saya dibawa kunjungan ke Luwu Utara,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyampaikan ada bebera inovasi pencegahan stunting yang diterapkan.

Seperti Inovasi Anc Hypno Terapi yang difokuskan pada ibu hamil di trisemester pertama yang bertujuan menurunzkan angka keluhan ibu hamil selama kehamilan seperti Emesis, sakit kepala, sakit ulu hati dan cemas dalam menghadapi persalinan.

Baca Juga : Fokus Turunkan Angka Stunting, Firman Pagarra Tekankan Pentingnya Kolaborasi Multisektoral

“Selain itu juga ada inovasi hypnogreen, inovasi ini merupakan pengembangan dari Inovasi ANC HYPNO TERAPI dengan menitik beratkan pada proses persalinan normal yang dapat mengurangi rasa sakit,” jelas Indah.

Adapu pula Inovasi kejar stuntig lanju Indah, yaitu kelas pijat bayi resiko stunting yang bertujuan untuk meningkatkan berat badan bayi hingga mencapai berat badan bayi sehat dan mencegah terjadinya gagal tumbuh.

“Dan masih banyak lagi strategi yang kita lakukan dalam upaya menurunkan angka stunting. Saya sering sampaikan, usia produktif tidak menjadi beban pembangunan, akan tetapi mereka akan menjadi bagian mensukseskan program program pembangunan, khususnya dalam menghadapi Indonesia emas 2045,” tutur Indah.

Penulis : Wahyuddin
Komentar