Minggu, 30 Juni 2024 11:22

Besok, Harga BBM Non Subsidi Akan Naik

Ilustrasi SPBU
Ilustrasi SPBU

ABATANEWS, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengindikasikan adanya kemungkinan kenaikan harga BBM nonsubsidi seperti Pertamax dan Dex series mulai 1 Juli 2024.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi, menegaskan bahwa meski BBM nonsubsidi berpotensi naik, harga BBM subsidi seperti Pertalite dan Solar akan tetap stabil.

“Pertalite yang termasuk dalam Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) dan Solar belum mengalami penyesuaian. Namun, kemungkinan ada perubahan harga untuk jenis BBM nonsubsidi seperti Pertamax,” ujarnya dikutip dari ANTARA, pada Minggu (30/6/2024).

Baca Juga : Konsumsi Pertamax Series Naik 18,1% Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran

Agus menjelaskan bahwa meski belum ada kepastian tentang penyesuaian harga BBM nonsubsidi, keputusan tersebut berada di tangan badan usaha.

“Saat ini, harga BBM umum nonsubsidi (Pertamax series dan Dex series) belum disesuaikan dan masih ditentukan oleh badan usaha sesuai dengan formula yang berlaku,” jelasnya.

Isyarat kenaikan harga ini menjadi perhatian publik mengingat ketidakpastian ekonomi yang sedang melanda. Sementara itu, kebijakan menjaga stabilitas harga BBM subsidi diharapkan dapat meringankan beban masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah, yang sangat tergantung pada Pertalite dan Solar.

Baca Juga : Imbas Konflik Timur Tengah, Pemerintah Buka Opsi Naikkan Harga BBM

“Harga minyak ICP masih stabil, tetapi kurs dolar AS yang menjadi tantangan berat,” katanya.

Penulis : Azwar
Komentar