Selasa, 25 Oktober 2022 19:11

Besok, Bawaslu Umumkan Hasil Seleksi Panwascam 24 Kabupaten/Kota

Bawaslu Sulsel menggelar sesi konferensi pers perihal perekrutan panwascam di Hotel Aryaduta, Makassar, pada Selasa (25/10/2022).
Bawaslu Sulsel menggelar sesi konferensi pers perihal perekrutan panwascam di Hotel Aryaduta, Makassar, pada Selasa (25/10/2022).

ABATANEWS, MAKASSAR — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) 24 kabupaten/kota di Sulsel akan mengumumkan hasil seleksi Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam), pada Rabu (26/10/2022) besok.

Berdasarkan data yang dihimpun Bawaslu Sulsel, sebanyak 1859 pendaftar se-Sulsel yang terbagi 311 kecamatan di 24 kabupaten/kota.

Saat ini, tahapan wawancara telah dilalui dan Bawaslu Kabupaten/Kota telah menetapkan 6 calon. Nantinya, hanya ada 3 yang dipilih menjadi Panwascam dan 3 lainnya berstatus sebagai ‘cadangan’.

Baca Juga : Ketua Bawaslu Sulsel Tekankan Pentingnya Integritas dan Tata Kelola Kelembagaan yang Kuat Hadapi Pilkada 2024

“Berdasarkan jadwal, besok hasil seleksi Panwascam akan diumumkan besok. Setelah itu akan dilakukan pelantikan dan pembekalan bagi mereka,” kata Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihat dalam sesi konferensi pers di Hotel Aryaduta, Makassar, pada Selasa (25/10/2022).

“Jumlah kecamatan di 24 kabupaten kota di Sulsel 311 kali 3 orang, total 933 orang Panwascam,” ujar Saiful.

Ia pun menegaskan, proses seleksi ini mengakomodir kaum hawa. Bahkan, katanya, beberapa kali panitia seleksi memperpanjang waktu pendaftaran untuk memberi ruang pendaftaran untuk perempuan.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Ingatkan Calon dan Peserta Pemilu Terkait Syarat Pencalonan

“Bukti Bawaslu begitu concern dengan keterwakilan perempuan, dibuktikan dengan beberapa kali dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran dalam rangka memenuhi kuota perempuan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Saiful menjelaskan, dalam proses perekrutan ini, Bawaslu mengutamakan sosok yang memiliki pengalaman dalam kepemiluan. Mengingat, tugas yang akan diemban ke depan makin besar.

Penulis : Sutrisno
Komentar