Senin, 13 Maret 2023 13:11

Bernardo Ungkap Rahasia PSM Bisa Tampil Konsisten hingga Hampir Pasti Raih Juara

Dokumentasi laga PSM Makassar versus Persis Solo yang berkahir 3-2 untuk kemenangan tuan runah di Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulsel, Minggu (5/3/2023). (foto: Official PSM Makassar)
Dokumentasi laga PSM Makassar versus Persis Solo yang berkahir 3-2 untuk kemenangan tuan runah di Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulsel, Minggu (5/3/2023). (foto: Official PSM Makassar)

ABATANEWS, MAKASSAR – Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengungkapkan rahasia yang digunakan untuk membuat tim konsisten di Liga 1 2022-2023. Berkat rahasia jitu itu, PSM sedikit lagi meraih gelar juara liga musim ini.

Menurut Bernardo, rahasia yang membuat Juku Eja mengganas musim ini adalah hanya kerja keras. Hasil kerja keras itu, lantas membuahkan hasil dengan deretan kemenangan hingga sukses menjadi calon juara.

“Jadi kami tidak punya rahasia apa pun. Rahasia kami hanya kerja keras. Mencoba bekerja lebih dari pada yang lain,” ungkap Bernardo Tavares jelang melawan Persita Tanggerang, Senin (13/3/2023).

Baca Juga : Buntut Pelemparan Suporter, Persija Jakarta Disanksi Komdis PSSI

Kerja keras memang menjadi hal yang paling kerap ditampilkan Pasukan Ramang saat bertanding. Salah satu contoh, ketika mereka tertinggal lawan namun sukses membalikkan kedudukan.

Bahkan, tercatat ada enam laga di mana PSM harus tertinggal dari lawan namun sukses dibalikkan. Masing-masing dua laga saat melawan Rans Nusantara, Persib Bandung, Barito Putera, dan Persik Kediri dan terakhir melawan Persis Solo.

Berkat hal itu pula, muncul istilah baru bagi PSM yakni Raja Comeback. Meski begitu, pelatih asal Portugal ini enggan terlena dan jumawa dengan hasil positif yang diraih anak asuhnya.

Baca Juga : Tumbang Dari Arema, Bernardo Tavares Heran Wasit Tidak Beri Penalti ke PSM

“Karena kami hanya ingin fokus dari satu laga ke laga lain. Kami juga tidak memikirkan tim lain dan hanya fokus ke diri kita,” pungkas Bernardo Tavares.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar