Sabtu, 18 Maret 2023 15:10

Bernardo Tavares Siapkan Pemain PSM Hadapi Laga di Bulan Ramadan 

Ilustrasi Logo PSM Makassar
Ilustrasi Logo PSM Makassar

ABATANEWS, MAKASSARLiga 1 musim 2022-2023 akan tetap berlangsung meski memasuki bulan Ramadan. Salah satu tim, yakni PSM Makassar telah mempersiapkan pemain untuk menghadapi laga di bulan yang penuh berkah itu.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengatakan dirinya telah melakukan sejumlah pembicaraan dengan pemain terkait laga di bulan Ramadan. Misalnya, berdiskusi dengan kapten tim yang telah melalui hal serupa di musim-musim sebelumnya.

“Terkait (laga di bulan) Ramadan, saya sudah membicarakan ini dengan kapten dalam tim,” ujar Bernardo Tavares usai PSM melawan Bhayangkara FC pada Jumat kemarin ditulis Sabtu (18/3/2023).

Baca Juga : 20 Pemain PSIS Semarang Disiapkan Lawan PSM Makassar

Menurut pelatih asal Portugal itu, sebelum tim tampil di bulan Ramadan harus dipersiapkan dengan matang. Pasalnya, pemain akan mengalami penurunan energi lantaran harus berpuasa dengan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman.

Maka dari itu, penting untuk para pemain mengontrol energi saat pertandingan di bulan Ramadan. Jika hal tersebut bisa dilakukan (mengontrol energi), menurut Tavares pemain bisa tampil dengan baik.

“Saya kira kita harus betul-betul mengontrol energi mereka, karena mereka tidak bisa makan dan minum dengan cara normal. Dengan kebiasaan mereka,” imbuh Tavares.

Baca Juga : Sempat Terhenti, Ini Alasan PT LIB Lanjutkan Kembali Liga 1 

Lebih lanjut, pelatih berusia 42 tahun itu mengaku kondisi ini (melatih di bulan Ramadan) sudah pernah ia alami. Sebab dahulu, ia pernah menahkodai tim asal Arab seperti Al Hidd (2013-2014) atau Al Nahda (2015).

“Sebelumnya, saya juga mempunyai pengalaman melatih klub yang berada di negara Arab sana. Jadi saya kira tidak ada masalah dengan itu,” imbuhnya.

PSM sendiri, masih menyisakan tiga partai Liga 1 2022-2023. Ketiga laga itu, akan berlangsung di bulan Ramadan, yakni melawan Madura United, PSIS Semarang, dan ditutup dengan Borneo FC.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar