Kamis, 10 Oktober 2024 12:41

Berikut Agenda Presiden Jokowi Jelang Purnatugas, Akan ke IKN Besok

Presiden Jokowi melakukan foto bersama dengan staf dan wartawan di Istana Negara, pada Kamis (10/10/2024) siang. (Dok Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi melakukan foto bersama dengan staf dan wartawan di Istana Negara, pada Kamis (10/10/2024) siang. (Dok Sekretariat Presiden)

ABATANEWS, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih akan melanjutkan serangkaian kunjungan kerja (kunker) hingga beberapa hari menjelang akhir masa jabatannya pada 20 Oktober 2024. Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengungkapkan bahwa agenda presiden tetap padat, termasuk kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan pada Jumat, 11 Oktober.

Heru menjelaskan, setelah kunjungan ke IKN, Jokowi akan kembali ke Jakarta pada Minggu dan melanjutkan kegiatan resmi lainnya hingga 15 Oktober. Presiden akan terus menjalankan tugasnya hingga resmi mengakhiri masa jabatannya. “Ya, ada beberapa lokasi, termasuk IKN. Presiden masih akan bertugas sampai tanggal 15, dan secara resmi menjabat hingga 20 Oktober,” ujar Heru.

Di tengah padatnya agenda tersebut, Kamis ini (10/10), Jokowi dan Ibu Negara Iriana menyempatkan diri untuk melakukan sesi foto bersama seluruh staf dan pegawai Istana Kepresidenan Jakarta. Selain itu, Presiden juga dijadwalkan meresmikan pembukaan kembali Museum Nasional yang sempat ditutup, serta menghadiri malam puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Pertambangan dan Energi.

Baca Juga : Jokowi Teken Perpres Jaminan Kesehatan Seumur Hidup Bagi Mantan Menterinya

Heru, yang juga menjabat sebagai Penjabat Gubernur Jakarta, berbagi kesannya bekerja di bawah kepemimpinan Jokowi sejak 2012. Ia mengaku banyak belajar dari Presiden, baik dari segi hubungan dengan staf, masyarakat, maupun para menteri. “Kesan saya sangat mendalam, terutama mengenai hubungan beliau dengan masyarakat dan para staf. Saya banyak belajar dari beliau,” kata Heru yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara.

Agenda padat menjelang akhir masa jabatan ini menunjukkan komitmen Jokowi untuk tetap menjalankan tugas-tugas kenegaraan hingga masa akhir purnatugas, sebuah dedikasi yang jarang ditemui pada masa transisi kepemimpinan.

Penulis : Azwar
Komentar