Rabu, 22 Juni 2022 10:17

Belum juga Tampil di AFC Cup, Bernardo Tavares Mulai ‘Minder’

Skuad PSM Makassar yang melakukan persiapan di Malaysia jelang menghadapi Kuala Lumpur FC di match pertama Grup H, Piala AFC Cup 2022. (foto: Official PSM Makassar)
Skuad PSM Makassar yang melakukan persiapan di Malaysia jelang menghadapi Kuala Lumpur FC di match pertama Grup H, Piala AFC Cup 2022. (foto: Official PSM Makassar)

ABATANEWS, MAKASSAR – Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mulai ‘minder’ dengan kondisi tim yang akan tampil di Piala AFC Cup 2022. Pasalnya, ia menilai performa anak asuhnya jauh di bawah calon lawan yang berada di Grup H.

Masing-masing adalah Kuala Lumpur FC dari klub Malaysia dan Tampines Rovers berasal dari Singapura. Padahal, kedua klub itu belum juga dilawan PSM Makassar tapi Bernardo sudah merasa minder.

“Berbicara tentang lawan-lawan kita, seperti Tampines Rovers atau tim dari Kuala Lumpur yang memiliki mungkin 10 kali lipat dari pada kita. Jadi, terkait dengan AFC kita harus realistis,” beber Bernardo Tavares pada Minggu (19/6/2022) lalu.

Baca Juga : Tumbang Dari Arema, Bernardo Tavares Heran Wasit Tidak Beri Penalti ke PSM

Di AFC Cup, Pasukan Ramang terlebih dulu menghadapi tuan rumah Kuala Lumpur FC pada 24 Juni. Kemudian melawan Tampines Rovers pada 27 Juni mendatang.

Di musim ini, kedua pesaing PSM memang sudah memulai persiapan jauh hari sebelumnya. Kuala Lumpur FC misalnya, skuad yang dimiliki sudah sangat matang lantaran telah mengikuti kompetisi musim ini, Malaysia Super Liga (MSL).

Dari 10 laga yang dilakoni di MSL musim ini, skuad yang dinahkodai Bojan Hodak itu bertengger di posisi 5 klasemen sementara dengan 13 poin. Hasil itu, diraih setelah menang 4 laga, imbang 1 laga dan 5 kali kalah.

Baca Juga : Bernardo Tavares Sanjung Skuad Arema, Sebut Calon Lawan Tim Kuat

Begitu juga dengan Tampines Rovers yang telah mempersiapkan tim musim ini jauh hari sebelumnya. Mereka, bahakan sudah memulai mengikuti Singapura Liga dan bertengger di posisi 4 klasemen sementara dengan 18 poin.

Poin tersebut diraih usai menang 5 laga, imbang 3 laga dan kalah 3 laga. Dibandingkan dengan PSM Makassar, baru memulai persiapan musim ini dan hanya melakukan ujicoba dan mengikuti turnamen Piala Presiden.

Meski begitu, pelatih asal Portugal itu menilai sepakbola selalu menghasilkan kejutan termasuk bagi PSM Makassar. Dari catatan peraih juara Piala Indonesia 2018-2019 ini, memang cukup apik sejak memulai turnamen Piala Presiden 2022.

Baca Juga : Jelang Lawan PSM, Pelatih Arema FC: Mereka Tim Bagus Arema Tim Besar

Di mana Wiljan Pluim dan kawan-kawan sukses menang di match pembuka atas tuan rumah Arema FC. Mereka membungkam Singo Edan dihadapan ribuan pendukungnya di Kanjuruhan dengan skor tipis 0-1.

Bahkan, PSM berhasil lolos babak 8 besar Piala Presiden 2022 usai bermain sekali imbang dan sekali kalah di laga lainnya. “Jadi akan ada selalu kejutan dalam sepakbola,” demikian pelatih berusia 42 tahun ini.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar