Kamis, 19 Agustus 2021 11:30

Begini Penampakan Perdana Pesawat Kepresidenan Usai Dicat Merah Putih

Begini Penampakan Perdana Pesawat Kepresidenan Usai Dicat Merah Putih

ABATANEWS – Untuk pertama kalinya, pesawat kepresidenan dengan wajah baru tampil perdana di hadapan publik.

Hal itu terlihat saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur (Jatim), pagi ini, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga : Keppres Jokowi Jadi Penentu Jakarta Bukan Ibu Kota Negara Lagi

Saat bersngkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, tampak pesawat kepresidenan tidak lagi bernuansa biru langit. Melainkan merah putih usai dicat ulang.

Ini merupakan kemunculan perdana setelah sebelumnya pengecatan ulang pesawat kepresidenan sempat menjadi polemik.

Sebelumnya Kepala Sekretariat presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono memberikan penjelasan terkait pengecatan ulang pesawat kepresidenan tersebut.

Baca Juga : Sebelum ke AS, Jokowi Silaturrahmi ke Ma’ruf

“Benar, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 atau Pesawat BBJ 2 telah dilakukan pengecatan ulang,” katanya.

Dia mengatakan pengecatan Pesawat BBJ 2 sudah direncanakan sejak tahun 2019 karena bertepatan dengan perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 2020. Dia juga menjelaskan bahwa pesawat tersebut sudah 7 tahun, sehingga secara teknis memang harus memasuki perawatan besar atau overhaul.

Lalu terkait cat, Heru menyebut memang sekalian diperbarui karena sudah waktunya. “Pilihan warnanya adalah warna kebangsaan: merah putih, warna bendera nasional. Ada beberapa bagian yang sudah terkelupas,” jelasnya.

Baca Juga : Dicecar Isu KDRT, PM Peru Mengundurkan Diri

Terkait dengan anggapan pemborosan anggaran negara, Heru kembali menjelaskan bahwa pengecatan pesawat ini telah direncanakan sejak 2019. Alokasi untuk perawatan dan pengecatan sudah dialokasikan dalam APBN.

Komentar