Selasa, 01 Oktober 2024 09:04

Beda Dari Yang Lain, Erick Thohir Ungkap Alasan Mees dan Eliano Ambil Sumpah WNI di Belgia

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders saat mengambil sumpah WNI di KBRI Brussel, Belgia, pada Senin waktu setempat (30/9/2024). (foto: PSSI)
Mees Hilgers dan Eliano Reijnders saat mengambil sumpah WNI di KBRI Brussel, Belgia, pada Senin waktu setempat (30/9/2024). (foto: PSSI)

ABATANEWS, BELGIAMees Hilgers dan Eliano Reijnders akhirnya resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Keduanya mengambil sumpah di KBRI Brussel, Belgia, pada Senin waktu setempat (30/9/2024).

Keduanya menggunakan jas dan peci hitam saat diambil sumpahnya. Pengambilan sumpah setia kewarganegaraan Mees dan Eliano dihadiri sejumlah pejabat KBRI di Belgia dan PSSI.

Mulai dari pejabat Kemenkumham, Dirjen AHU (Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum) Cahyo Rahadian Muzhar, yang disaksikan Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, serta anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

Baca Juga : Cerita Kevin Diks ke Media Denmark, Akui Telah Dihubungi PSSI

Setelah resmi menjadi WNI, keduanya sudah bisa membela Timnas Indonesia. Terutama saat Garuda Nusantara tampil di kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Bahrain dan China pada Oktober ini.

Namun, diantara seluruh pemain diaspora yang mengambil sumpah, hanya Mees dan Eliano yang dilaksanakan di luar negeri. Sebelumnya, para pemain diaspora mengambil sumpah di Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menjelaskan soal alasan Mees dan Eliano mengambil sumpah di luar negeri dalam hal ini di Belgia. Salah satu asalan karena keduanya tidak punya jeda waktu jika pengambilan sumpah di Indonesia.

Baca Juga : Mess Hilgers dan Eliano Reijnders Wajib Bawa Indonesia Curi Poin Lawan Bahrain dan China

“Sementara kami berharap keduanya sudah bisa bermain saat Timnas berlaga melawan Bahrain dan Cina, Oktober nanti. Ini kerjasama semua pihak, dan saya bangga karena semua bekerja demi Indonesia,” ujar Erick Thohir di Jakarta dikutip laman PSSI, Senin (30/9/2024).

Erick mengatakan, terlaksananya pengambilan sumpah Mees dan Eliano berkat usaha dari berbagai pihak. Sehingga, proses naturalisasi hingga pengambilan sumpah berjalan cukup instan.

“Saya sangat berharap dukungan yang sudah diberikan maksimal dari semua pihak akan makin memperkuat timnas di dua laga tandang yang sangat krusial melawan tim Bahrain dan Cina. Saya optimistis, coach Shin akan punya strategi dan game plan baru dengan kehadiran dua pemain yang merupakan andalan di klubnya masing-masing,” jelas Erick.

Penulis : Azwar
Komentar