Sabtu, 30 Desember 2023 10:08

Bawaslu Sulsel Respon Dugaan Pj Bupati Bone Minta Kades Dukung Anaknya di Pileg 2024

Dok. Kantor Bawaslu Sulsel.
Dok. Kantor Bawaslu Sulsel.

ABATANEWS, MAKASSAR – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulsel merespon terkait adanya dugaan pejabat meminta kepada Kades agar anaknya didukung pada Pileg 2024. Dalam hal ini, adalah Pj Bupati Bone Andi Islamuddin, diduga meminta dukungan kepada perangkat desa.

Komisoner Bawaslu Sulsel Divis Penanganan Pelanggaran, Abdul Malik mengatakan video terkait permintaan Andi Islamuddin telah diterima. Video tersebut didapatkan dari Bawaslu Bone.

“Kemudian Bawaslu Bone sudah diarahakan untuk melakukan penelusuaran. Penelusuran bertujuan untuk mencari keterangan-keterangan untuk membuat terang kasus tersebut,” katanya, Sabtu (30/12/2023).

Baca Juga : Ketua Bawaslu Sulsel Tekankan Pentingnya Integritas dan Tata Kelola Kelembagaan yang Kuat Hadapi Pilkada 2024

Untuk sementara lanjut dia, Bawaslu Bone akan mencari tau di mana kejadiannya dan kapan kejadiannya. Selain itu, Bawaslu Bone akan mencari tahu terkait video tersebut telah masuk dalam tahapan kampanye atau belum sama sekali.

“Kemudian yang banyak tampil di situ yang kami dapatkan melihat dari video, justru lebih banyak kaki-kaki dan hanya satu orang yang bicara,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan penelusuran terkait siapa saja yang hadir dalam pertemuan itu. Bahkan, kronologi pertemuan itu juga akan ditindaklanjuti guna mencari tahu kebenarannya.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Ingatkan Calon dan Peserta Pemilu Terkait Syarat Pencalonan

Hal ini dilakukan agar bisa ditentukan di mana pelanggaran yang dilakukan dalam video yang beredar. Sehingga jika bukti-bukti telah dikumpulkan, pihaknua baru akan masuk ke tahapan sanksi pidana atau sanksi administratif.

“Atau kah dia masuk di undang-undang lainnya, misalnya tentang ASN. Nah kalau pidanakan akan di proses oleh rekan-rekan dari Gakumdu bersama Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan,” jelasnya.

Adapun dari hasil pemeriksaan, akan disimpulkan berdasarkan bukti-bukti yang nantinya dikumpulkan. “Itupun setelah di dapatkan bukti yang benar-benar kuat oleh bawaslu dalam hasil penelusurannya, baru bisa di tingkatkan,” pungkasnya.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Dorong Pengawasan Partisipatif Perempuan

Sebelumnya, beredar video yang menampilkan Pj Bupati Bone diduga meminta dukungan kepada Kades. Agar anaknya yang maju sebagai Caleg pada Pileg 2024 mendatang dari Partai Gerindra didukung para Kades.

Dugaan permintaan dukungan itu, beredar luas hingga viral di media sosial. Namapak dalam video viral tersebut, Pj Bupati Bone, Andi Islamuddin, yang di duga didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau (PMD) Bone, Andi Gundil Ukra, terlihat menggunakan seragam aparatur sipil negara atau ASN.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar