Minggu, 05 Desember 2021 16:13

Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru Terus Berdatangan

Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru Terus Berdatangan

ABATANEWS – Bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru terus berdatangan. Bantuan berasal dari berbagai instansi pemerintah dan lembaga sosial masyarakat.

Palang Merah Indonesia (PMI) telah mengirimkan bantuan kebutuhan dasar dan mengerahkan relawan untuk melakukan kaji cepat kebutuhan masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru yang berada di pengungsian. Ketua Umum PMI Muhammad Jusuf Kalla mengatakan tim logistik PMI sudah mengirimkan bantuan tersebut pada Sabtu malam.

Rapat koordinasi telah digelar antara PMI Pusat dengan PMI Jawa Timur pada hari ini. Dalam tahap bantuan awal, PMI mengirimkan paket kebersihan sebanyak 200 buah, 50 helai terpaulin, 200 selimut, 100 matras, 50.000 masker bedah, 20.000 masker kain, 2.000 pelindung wajah, enam unit tenda, tujuh unit truk tangki air, serta 350 pakaian baru.

Baca Juga : Gunung Semeru Erupsi Kamis Pagi, Letusan Capai 1.000 Meter

“Kami sudah menyiapkan sejumlah langkah dalam respons erupsi Semeru ini, yang utama kami mengirimkan kebutuhan dasar dulu, sesuai hasil kaji cepat. Kemudian evakuasi, layanan kesehatan, dan juga pendampingan pengungsi,” tegas Jusuf Kalla, dilansir dari Antara, Minggu, 5 Desember 2021.

Sementara itu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengirimkan tim tanggap bencana untuk membantu korban letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. “Selain tim tanggap bencana, BAZNAS juga menerjunkan tim medis, yang terdiri dari dokter, bidan, apoteker dan relawan,” ujar Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan.

 

Komentar