Sabtu, 09 September 2023 22:07

Bantai China Taipei 9-0, Indonesia Puncaki Klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23

Starting eleven Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Cinese Taipei U-23 pada laga kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/9/2023). (foto: PSSI)
Starting eleven Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Cinese Taipei U-23 pada laga kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/9/2023). (foto: PSSI)

ABATANEWS.COMTimnas Indonesia U-23 sukses membantai Timnas China Taipei U-23 di laga Grup K kualifikasi Piala Asia U-23. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, berakhir 9-0, Sabtu (9/9/2023).

Dengan kemenangan ini, Garuda Muda kini memuncaki klasemen Grup K menggeser Timnas Turkmenistan U-23. Sebelumnya, Turkmenistan U-23 telah melakoni laga melawan China Taipei dengan kemenangan 4-0.

Namun, Turkmenistan harus tergeser ke posisi kedua klasemen Grup K karena kalah selisih gol dari Indonesia. Yakni, Indonesia unggul 5 gol dari Turkmenistan.

Baca Juga : Timnas Indonesia U-19 Selangkah Lagi Menuju Semifinal ASEAN Boys Championship

Adapun saat Indonesia melawan China Taipei, anak asuh Shin Tae-yong langsung menampilkan permainan menyerang sejak pluit babak pertama dimulai. Hasilnya, laga baru berjalan dua menit, Indonesia sudah langsung unggul.

Gol pembuka dihasilkan Marselino Ferdinand di menit 2 melalui sepakan bola mati. Di mana kiper China Taipei terkecoh dengan arah bola hingga bersarang ke gawangnya.

Keunggulan Indonesia U-23 mampu digandakan pada menit ke-6. Kali ini, giliran Ramadhan Sananta yang berhasil mencetak gol lewat sepakannya usai lolos dari kawalan pemain belakang lawan.

Baca Juga : Pasca Bantai Filipina 6-0, Indra Sjafri Ngaku Pemain Belum Konsisten Hingga Larang Beri Pujian

Unggul 2-0 tak membuat anak asuh Shin Tae-yong menggendorkan serangan. Berkali-kali Indonesia menekan tetapi gagal berbuah gol.

Barulah di menit 19 keunggulan Indonesia bertambah menjadi 3-0 melalui Rafael Struick. Gol dari pemain Ado den Haag ini melalui sepakan kaki kirinya yang tak mampu diantisipasi kiper lawan.

Selanjutnya, dua pemain Timnas kembali menambah keunggulan tim. Masing-masing Witan Sulaeman di menit 30 dan Rio Fahmi di menit 41 hingga skor menjadi 5-0 menutup babak pertama.

Baca Juga : Indra Sjafri Sebut Turnamen ASEAN U-19 Ajang Pemanasan Jelang Piala Asia

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong melakukan rotasi dengan mengistirahatkan Ramadhan Sananta. Striker Persis Solo itu ditarik keluar dan digantikan Hokky Charaka.

Meski begitu, Indonesia tetap tampil menekan dengan lahirnya gol keenam lewat Elkan Banggot di menit 56. Gol dari pemain Ipswich Towne itu, dihasilkan melalui sundulan usai menerima umpan sepak pojok.

Pada menit 58, Marselino Ferdinand mencetak gol keduanya di pertandingan ini hingga skor menjadi 7-0. Bahkan, Hokky Charaka yang masuk menggantikan Sananta juga ikut menambah keunggulan Indonesia di menit 78 dan skor menjadi 8-0.

Baca Juga : Shin Tae-yong Tidak Dibebani Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026

Pada menit 85, Pratama Arhan ikut menanbah keunggulan Indonesia usai memanfaatkan kesalahan kiper lawan. Indonesia, sejatinya bisa menang 10-0 namun penalti Rafael Struick berhasil digagalkan kiper Cinese Taipei.

Alhasil, Indonesia hanya menang 9-0 di laga tersebut. Adapun di laga kedua, Garuda Muda akan menantang Turkmenistan di Stadion Manahan Solo, pada 12 September 2023 mendatang.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar