Selasa, 13 April 2021 20:33

Awal Ramadhan, Perum Perindo Pastikan Harga Ikan Stabil

Awal Ramadhan, Perum Perindo Pastikan Harga Ikan Stabil

ABATANEWS, JAKARTA – Harga komoditas perikanan disebut cenderung stabil di awal Ramadhan dibandingkan sejumlah komoditas lainnya.

Hal itu diugkapkan Direktur Operasional Perum Perikanan Indonesia (Perindo) Raenhat Tiranto Hutabarat. Dia mencontohkan harga komoditas perikanan di Pasar Modern Muara Baru.

Perum Perikanan Indonesia, selaku pengelola pasar ikan, memastikan tidak ada kenaikan yang signifikan jelang bulan suci umat Islam tersebut.

“Harga ikan dan hasil laut lainnya tidak mengalami lonjakan harga yang signifikan,” ujar Raenhat dalam siaran pers di Jakarta awal pekan ini.

Raenhat mengatakan, ada kenaikan harga ikan jenis tertentu tetapi kenaikannya sangat minim yakni hanya sekitar tiga persen sampai lima persen. Ikan yang mengalami kenaikan merupakan jenis konsumsi harian seperti kembung, layang, tongkol, cakalang dan salem.

“Kenaikan harga pada bulan puasa tidak meroket lantaran konoditas ikan sudah mengalami kenaikan harga pada Februari-Maret lalu,” ucap Raenhat.

Seperti diketahui, harga ikan melonjak sejak awal Februari lalu. Tren peningkatan ini disebabkan oleh cuaca meliputi intensitas curah hujan yang tinggi. Pada saat itu, harga ikan terkatrol 14 persen hingga 25 persen.

Komentar