Selasa, 04 Mei 2021 08:05

ASN Bikin Petisi Soal THR, Tjahjo Kumolo Bilang Begini

Tjahjo Kumolo
Tjahjo Kumolo

ABATANEWS, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo angkat bicara terkait tindakan sejumlah aparatur sipil negera (ASN) yang membuat petisi menuntut tunjangan hari raya (THR) tahun ini dibayar penuh.

Tjahjo mengatakan, harusnya para ASN bersyukur masih bisa menerima THR. Menpan RB itu lalu membandingkan nasib ASN dengan pekerja swasta yang berbeda dari sisi penerimaan THR. Sebab, belum tentu semua pekerja swasta menerima THR Lebaran saat ini.

“Harusnya PNS bersyukur mendapatkan THR dibandingkan pekerja swasta lain,” katanya, Senin (3/5/2021).

Baca Juga : Ditarget Selesai Hari Ini, THR ASN Pusat Sudah Cair Rp7,38 Triliun

Dia meminta para ASN memahami kondisi saat ini, di mana negara masih fokus mengalokasikan anggaran pada kesehatan dan pemulihan ekonomi.

Belum ini, muncul sebuah petisi terkait kekecewaan para PNS soal besaran THR PNS 2021. Ini karena pemerintah memangkas besaran THR PNS pada tahun ini cukup besar.

Komponen THR PNS 2021 hanya berupa gaji pokok plus tunjangan melekat, tetapi tanpa menyertakan tunjangan kinerja (tukin).

Baca Juga : ASN Buat Petisi Protes Sri Mulyani Soal THR Tanpa Tukin

Dilihat di laman Change.org, petisi berjudul “THR & Gaji-13 ASN 2021 Lebih Kecil dari UMR Jakarta: Kembalikan Full Seperti Tahun 2019” diinisiasi oleh seseorang bernama Romansyah H.

Komentar