Senin, 11 Oktober 2021 18:45

Arab Saudi Buka Pintu Umrah, 1.600 Calon Jemaah Sulsel Siap Berangkat

Ilustrasi Umrah (Foto: AFP)
Ilustrasi Umrah (Foto: AFP)

ABATANEWS, MAKASSAR – Pemerintah Arab Saudi telah membuka pintu bagi jemaah umrah di seluruh dunia. Termasuk para jemaah di Indonesia yang diperkirakan ribuan orang.

Di Sulsel sendiri, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Drs Khaeroni mengatakan ada sebanyak 1.600 jemaah umroh yang siap diberangkatkan. Hanya saja, sebelum diberangkatkan para jemaah masih menunggu keputusan dari Kementerian.

“Rencananya secepat mungkin (diberangkatkan) atau setelah pembahasan proses teknis pemberian layanan terhadap jemaah dinilai sudah aman,” ujar Khaeroni, Senin (11/1/2021).

Baca Juga : Kemenag: Jangan Tergiur Paket Murah, Tidak Semua Travel Umrah itu Legal

Kementerian Luar Negeri sendiri, telah membahas terkait proses pembukaan kembali jemaah umrah dengan pihak Arab Saudi. Selain membahas masalah vaksin, kedua pihak turut membahas terkait durasi isolasi mandiri yang hanya berlangsung selama lima hari.

Namun Kementerian Luar Negeri, masih melakukan koordinasi kembali dengan melibatkan sejumlah kementerian lain. Diantaranya adalah Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, dan bahkan dengan pihak Arab Saudi.

“Yang penting itu adalah regulasi yang sekarang sedang dibahas di Kementerian,” jelasnya. (Wahyu Susanto)

Komentar