Senin, 27 November 2023 09:05

Anie Respon Keinginan PKS Soal IKN Tetap di Jakarta Jika Menang Pemilu

Bakal calon presiden Anies Baswedan saat menghadiri Bimtek anggota Legislatif PKS se-Sulawesi yang berlangsung di Hotel Claro, Makassar, Rabu (13/7/2023). (foto: IST)
Bakal calon presiden Anies Baswedan saat menghadiri Bimtek anggota Legislatif PKS se-Sulawesi yang berlangsung di Hotel Claro, Makassar, Rabu (13/7/2023). (foto: IST)

ABATANEWS.COM – Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan, menanggapi keinginan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Keinginan PKS, bahwa menginginkan ibu kota negara (IKN) tetap berada di DKI Jakarta jika memenangkan Pemilu 2024 mendatang.

Menurut Anies, yang dibutuhkan oleh Indonesia saat ini adalah sebuah pemerataan pertumbuhan. Di mana pembangunan itu dilakukan bukan hanya di satu lokasi.

“Tapi di banyak lokasi. Karena kita menginginkan agar kesetaraan,” kata Anies di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat kepada wartawan, Minggu (26/11/2023).

Baca Juga : Sinyal Kuat Dukungan PKS dan PPP untuk Syamsari Kitta di Pilkada Takalar

Anies menjelaskan jika pembangunan hanya dilakukan pada satu lokasi maka tetap akan memunculkan ketimpangan yang baru. Pembangunan yang merata ini juga menjadi bagian dari visi Anies bersama pasangan cawapresnya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

“Kita semua menyiapkan susunan programnya untuk bisa mendorong desa-desa maju, kota kecil menjadi menengah, yang menengah menjadi besar di seluruh wilayah Indonesia,” kata dia.

Diketahui, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Mohamad Sohibul Iman sebelumnya menegaskan komitmen partainya menolak perpindahan ibu kota Jakarta ke IKN di Kalimantan Timur. Dia menekankan, jika PKS memenangkan Pemilu 2024 maka ibu kota akan tetap di Jakarta.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar