Sabtu, 30 Maret 2024 22:40

Andi Seto Asapa Terharu Ajak Anak-anak Yatim Belanja di Mall

Andi Seto Asapa Terharu Ajak Anak-anak Yatim Belanja di Mall

ABATANEWS, MAKASSAR — Banyak cara untuk mensyiarkan bulan suci Ramadhan. Salah satunya, dilakukan Bupati Sinjai periode 2018-2023, Andi Seto Asapa. Ditemani istri dan anaknya, Andi Seto mengajak puluhan anak yatim di wilayah Kota Makassar untuk belanja di Mall, Sabtu (30/3/2024).

Pria kelahiran Makassar ini tampak terharu dan meneteskan air matanya saat anak-anak yatim yang berusia antara 5 sampe 14 tahun itu terlihat senang dan gembira menyebar ke beberapa konter untuk membelanjakan uang yang diberikannya sebesar Rp 300 di sebuah Mall di Panakukang.

“Jujur saja, perasaan senang, sedih dan terharu bercampur saat saya melihat adek-adek yatim begitu gembira membelanjakan uang yang saya kasih tak seberapa itu. Mereka tampak seolah lupa bahwa ibu dan ayahnya itu kini sudah tiada untuk selama-lamanya,” katanya.

Baca Juga : Asriyanty Diberi Penghargaan Sebagai Kartini Sejati Masa Kini dari Andi Seto, Fitrah Diberi Kejutan Kue Ulang Tahun

Andi Seto membayangkan, anak-anak yatim yang seharusnya ditemani ibu atau ayahnya selama Ramadhan ini, baik saat makan sahur maupun saat berbuka puasa, harus rela hidup bersama para pengasuhnya. Apalagi, saat mereka berlebaran nanti. Mungkin hanya batu nisan yang bisa ditemuinya dan disungkeminya.

Karena itulah, menurut pria yang juga mantu dari tokoh politik Nurdin Halid ini, dengan keberadaan anak-anak yatim itu seharusnya membuat kita bukan saja makin bersyukur kepada Allah SWT atas posisi hari ini yang jauh lebih beruntung, tapi juga harus menjadi alasan untuk semakin peka terhadap orang di sekitar kita.

Dalam kontek inilah, lanjut Andi Seto, dirinya mengajak, mulai dari keluarganya, saudaranya, dan orang lain, termasuk para politisi, pengusaha dan siapa saja yang kebetulan punya rizki lebih untuk selalu berbagi kepada sesama.

Baca Juga : Akhiri Safari Ramadan, Andi Seto Bagi Paket Sembako ke Warga Parang Tambung

Apalagi, di bulan suci ramadhan ini, dimana berbagai kebaikan, pahalanya dilipatkan gandakan.

Terkait dengan kegiatannya bersama anak-anak yatim di sebuah mall tadi, Andi Seto mengungkapkan, hal itu menjadi bagian dari kepeduliannya yang harus selalu dipupuk, bahwa masih banyak orang di sekitar kita yang membutuhkan pertolongan. Salah satunya, mengajak anak-anak yatim tadi untuk belanja sendiri di mall.

Meskipun, kata dia, kalau berbicara nilai, uang Rp 300 ribu yang diberikan kepada anak-anak yatim itu belum seberapa dibanding dengan kebutuhan layak yang harus mereka terima. Tapi, minimal, lewat kegiatan itu bisa menjadi syiar yang dapat mengetuk orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Baca Juga : Cara Andi Seto Ingatkan Kembali Al-Quran ke Sopir Petepete, Ojol, Bentor, dan Jukir di Makassar

“Insha Allah, kalau orang-orang yang berkelebihan harta bisa melakukan hal yang sama, pasti akan banyak menolong mereka. Tentu bukan hanya anak-anak yatim tapi juga para duafa yang mungkin, untuk menghadapi lebaran nanti, boro-boro beli baju, buat beras pun masih belum ada,” tegasnya.

Ketika ditanya, kenapa kegiatan itu dilakukan di Kota Makassar, tidak di Sinjai tempat dia berkarir sebagai bupati, Andi Seto menjelaskan, dalam bentuk yang lain, hal itu juga dilakukan di Sinjai.

“Kenapa di Kota Makassar juga, karena Makassar juga tempat kelahiran saya. Dan saya mulai SD sampai SMA juga sekolah disini. Ditambah lagi orang tua, saudara, dan teman-teman juga banyak di sini. Wajarlah , kalau saya juga ingin berbagai buat warga Kota Makassar,” ungkapnya.

Penulis : Azwar
Komentar