Senin, 22 Juli 2024 11:10

Alasan Joe Biden Mundur dari Pencalonan Presiden Amerika Serikat 2024

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan operasi militer AS di Suriah, melawan pasukan ISIS, pada Kamis (3/2/2022). (Foto: Reuters)
Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan operasi militer AS di Suriah, melawan pasukan ISIS, pada Kamis (3/2/2022). (Foto: Reuters)

ABATANEWS, ASJoe Biden secara mengejutkan mengumumkan mundur dari pencalonan presidan Amerika Serikat (AS) 2024. Ia, lebih memilih menghabiskan masa jabatannya sebagai Presiden AS periode sebelumnya.

Dalam unggahannya di media sosial X, Joe Biden menekankan dua hal penting terkait pemundurannya. Pertama, ia mundur demi kepentingan partai dan lebih mendukung wakilnya Kamala Harris, maju sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

“Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk menjabat sebagai presiden Anda. Dan meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin bahwa demi kepentingan terbaik partai saya dan negara,” kata Joe Biden pada Minggu (21/7/2024).

Baca Juga : Gagalkan Drone dan Roket Iran, Yordania Bantah Bantu Israel

“Saya harus mengundurkan diri dan hanya berfokus pada pemenuhan tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya,” imbuhnya.

Langkah tersebut membuat Demokrat kembali dilanda “kekacauan” menjelang pilpres AS, yang akan digelar pada 5 November. Namun penunjukan Biden ke Harris sebagai penggantinya juga membawa angin segar bagi Demokrat.

Harris telah menyatakan komitmennya sebagai pengganti Biden, dan menegaskan akan berjuang untuk meraih dukungan resmi menjelang konvensi partai yang akan digelar Agustus nanti.

Baca Juga : Biden Klaim Hampir Semua Drone dan Rudal Iran Ditembak Jatuh

“Saya merasa terhormat mendapat dukungan dari Presiden dan niat saya adalah untuk mendapatkan dan memenangkan nominasi ini,” demikian pernyataan Kamala Harris pada Minggu (21/7) waktu setempat.

Penulis : Wahyuddin
Komentar