Sabtu, 30 Desember 2023 12:10

Akhir Tahun, Pj Bupati Paparkan Progres Hasil Pembangunan dan Capaian Isu Strategis di Takalar

Akhir Tahun, Pj Bupati Paparkan Progres Hasil Pembangunan dan Capaian Isu Strategis di Takalar

ABATANEWS, TAKALAR – Pj Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad memaparkan evaluasi progres hasil pembangunan dan capaian Isu srtategis di Kabupaten Takalar selama satu tahun terakhir. Pemaparan ini ia sampai akan dalam Rapat Monitoring dan Evaluasi yang berlangsung di Baruga I Mannindori Kantor Bupati Takalar.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua DPRD Takalar, para Anggota Forkopimda Takalar, Sekda Takalar dan para Pimpinan OPD Lingkup Kabupatrn Takalar pada Jum’at 29 Desember 2023.

Dalam pemaparannya, Setiawan Aswad mengatakan keberhasilan dan pencapaian selama satu tahun ini tidak akan ada artinya mana kala tanpa adanya dukungan dari pihak legislatif, anggota Forkopimda dan unsur lainnya.

Baca Juga : Rapat Peningkatan Kualitas MCP Terkait Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

“Dalam setahun ini, ada beberapa capaian yang kita raih diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita tahun ini alhamdulillah naik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dari posisi 24 naik ke posisi 18. Selain itu, pertumbuhan ekononi kita 4,65 %, ini lebih baik dibandingkan provinsi Sulsel yaitu 4,06%,” imbuhnya.

Selain itu, Ia pula menambahkan bahwa tetap mempertahankan WTP Kabupaten Takalar. Itu artinya, pengelolaan keuangan daerah harus dikelola dengan baik lagi sehingga kita tetap meraih Wajar Tanpa Pengcualian (WTP) dari penilaian BPK.

Untuk upaya pencegahan dan penurunan angka Stunting di Takalar, sukses meraih beberapa prestasi. Dintaranya Kabupaten peringkat ke-1 di Sulsel untuk capaian imunisasi dasar lengkap, Kabupaten peringkat ke-2 di Sulsel untuk pelaksanaan Eektronik Pencatatan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGBM).

Baca Juga : Pj Bupati Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus PORDASI Takalar

“Namun yang menjadi tantangan kita kedepan adalah bagaimana kita dapat mengurangi angka miskin ekstrem ditakalar dan mengurangi angka pengangguran dengan membuka lapangan kerja semaksimal mungkin baik pemerintah, pihak swasta maupun dimasyarakat,” jelasnya.

Setiawan Aswad berpesan agar pelayanan dasar di masyarakat yaitu pelayanan kesehatan dan pendidikan harus menjadi perhatian khusus untuk menuju indonesia emas 2045.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Takalar H. Mub. Hasbi juga memaparkan tentang Perencanaan Program Pemerintah Daerah Kabupaten Takalar tahun 2024 mendatang.

Baca Juga : Setiawan Aswad Audiensi dengan Bank Indonesia, Bahas Potensi Kabupaten Takalar

Dimana rencana tahun 2024 dibidang infrastruktur akan menambah armada Pemadam Kebakaran. Bahkan penambahan sarana penanganan sampah, pembangunan pelataran dan alun-alun Kota Takalar.

“Selain itu juga, direncanakan rehabilitasi pedesterian jalan trotoar dalam kota, penyediaan parkitan Kantor Bupati Takalar dan Soft Launching RSG (Rumah Sakit Galesong),” pungkasnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar