Rabu, 08 Juni 2022 14:07

Abdul Rauf Kr Kio Disebut Cocok Pimpin Demokrat Gowa

Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malagani Kr Kio. (Foto: Humas Pemkab Gowa)
Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malagani Kr Kio. (Foto: Humas Pemkab Gowa)

ABATANEWS, MAKASSAR — Kepala Bappilu Demokrat Sulsel Andi Januar Jaury menyebut, Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malagani Kr Kio cocok menjadi Ketua Demokrat Gowa.

Usai Musda Demokrat Sulsel, partai berlambang mercy itu akan menggelar musda untuk 24 kabupaten/kota.

“Ciri-ciri kepemimpinan yang tepat untuk suksesi Ketua DPC Demokrat Gowa salah satunya adalah Wakil Bupati Bapak Abdul Rauf Malagani,” kata Januar, pada Rabu (8/6/2022).

Baca Juga : Mimpi Marshel Jadi Pejabat Publik Sirna, Riza Patria Mundur dari Pilkada Tangsel

Saat ini, Kr Kio memang masih berstatus sebagai kader PDIP. Walaupun, saat ini, wakil bupati dua periode itu masih berstatus anggota biasa, bukan elite partai.

Meski merupakan kader PDIP, sejumlah keluarga dekat Kr Kio ialah anggota Demokrat. Seperti istrinya, Mussadiyah Rauf dan menantunya, Ardiansyah Sabir. Keduanya merupakan anggota DPRD Gowa Fraksi Demokrat.

Kendati demikian, lanjut Januar, ada sejumlah figur yang punya kans untuk memimpin Demokrat Gowa, antara lain Rismawati Kadir Nyampa (Anggota DPRD Sulsel).

Baca Juga : Logo Partai Dicatut, Muhtadin Tegaskan Demokrat Belum Punya Jagoan di Pilkada Pinrang

“Kader Demokrat lainnya juga masih banyak, diantaranya Rismawati Kadir Nyampa anggota DPRD Sulsel, anggota fraksi Demokrat DPRD Gowa, serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan kategori lainnya yang memang memiliki komitmen untuk semakin membesarkan partai Demokrat Gowa,” sambung Januar.

Januar mengatakan, hal wajar jika publik Gowa menghubungkan suksesi Ketua DPC Demokrat Gowa dengan nama Wakil Bupati Karaeng Kio.

Hal yang sama disampaikan oleh Deputy Kepala Bakomstra Demokrat Sulsel, Akbar Endra. Ia mengatakan Kr Kio adalah bagian dari keluarga besar Partai Demokrat.

Baca Juga : Demokrat Resmi Usung Erat-RSA di Pilwalkot Parepare

“Kalau Kr Kio disebut-sebut bakal calon ketua Demokrat Gowa, maka itu sah-sah saja,” kata Akbar saat dihubungi Senin (6/6/2022).

Namun, Akbar menyampaikan Demokrat punya aturan main pemilihan ketua sesuai anggaran dasar anggaran rumah tangga (AD/ART) hasil Kongres 2020.

Demokrat memiliki mekanisme yang demokratis dan fatsum yang digariskan oleh partai dan Ketua DPD PD Sulsel Pak Ni’matullah. Tidak serta merta, tetapi melalui tahapan yang diatur oleh partai,” kata Akbar Endra.

Baca Juga : AHY Serahkan Rekomendasi Demokrat untuk ASS-Fatmawati di Pigub Sulsel 2024

Selain Kr Kio, Akbar mengatakan, banyak tokoh ingin bergabung dengan Demokrat Sulsel.

Menurutnya, tokoh-tokoh itu melihat tanda-tanda Partai ini akan kembali berjaya dan seksi khususnya Sulsel.

“Hal itu sejalan hasil survei Demokrat mendapatkan elektabilitas 12 persen, itu juga karena banyak tokoh yang merapat dan akan bergabung bersama Ni’matullah membesarkan Demokrat,” kata Akbar.

Penulis : Wahyuddin
Komentar