Kamis, 14 Juli 2022 11:17

754 Persiwa TNI-Polri Dilantik Jokowi di Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam pelantikan perwira remaja TNI-Polri di Istana Merdeka halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022).
Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam pelantikan perwira remaja TNI-Polri di Istana Merdeka halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

ABATANEWS – Presiden Joko Widodo melantik 754 perwira remaja dari matra TNI dan Kepolisian. Pelantikan dilaksanakan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Dalam pelantikan ini, Jokowi juga bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) Tentara Nasional Indonesia-Polri tahun 2022. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 44/TNI Tahun 2022 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 46/Polri Tahun 2022.

Baca Juga : Resmikan Kawasan Indonesia Islamic Financial Center, Jokowi Minta Penguatan Ekonomi Syariah

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ucap Presiden Joko Widodo.

Para perwira yang dilantik itu terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 292 orang. Kemudian lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 107 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 109 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 246 orang.

“Khusus TNI, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Sumpah Prajurit dan Sapta Marga. Khusus Polri, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Tri Brata dan Catur Prasetya,” imbuh Jokowi.

Baca Juga : Jokowi Berikan Bonus Atlet Paralimpiade Paris 2024, Totalnya Rp 6 Miliar

“Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri teladan membangun karsa serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa raga untuk membela nusa dan bangsa,” tambah Presiden.

Komentar