Minggu, 02 April 2023 20:12

7 Manfaat Menakjubkan Konsumsi Kurma, Cocok Jadi Camilan Sehat Saat Sahur dan Buka Puasa

Kurma. (Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers)
Kurma. (Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers)

ABATANEWS.COM — Buah kurma selalu identik dengan Ramadan atau bulan puasa. Biasanya tersedia di rumah-rumah saat bulan Ramadan. Buah asal Timur Tengah ini juga menjadi favorit Nabi Muhammad SAW. Hal ini karena segudang manfaat kurma yang baik jika dikonsumsi.

Seperti dilansir dari laman Very Well Fit, satu butir kurma atau berkisar 8 gr memiliki kalori, karbohidrat, protein, zat besi, magnesium hingga potasium. Sehingga mengonsumsi kurma sangat baik untuk kesehatan, terutama dikonsumsi saat sahur dan buka puasa.

Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi kurma saat bulan puasa? Berikut ini beragam manfaat buah kurma dilansir dari berbagai sumber:

Baca Juga : Doa Akhir Ramadan yang Dibaca Rasulullah SAW, Amalkan Sebelum Bulan Puasa Berakhir

1. Mengurangi Rasa Haus
Kurma biasanya dijadikan makanan untuk buka puasa. Namun manfaat kurma juga bisa diperoleh jika dikonsumsi saat sahur. Kandungan mineral pada kurma cukup tinggi sehingga bisa membantu Anda agar tidak mudah haus saat seharian menjalani ibadah puasa. Anda bisa mengonsumsi 3 butir kurma sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW.

2. Menahan Rasa Lapar
Tidak hanya mengurangi rasa haus, kurma juga bisa membantu Anda menahan rasa lapar selama puasa. Kandungan nutrisi penting yakni serat dan gula dalam kurma bisa memberikan efek mengenyangkan dalam waktu yang lama. Saat sahur, kandungan glukosanya bisa menjadi cadangan energi untuk tubuh selama berpuasa seharian.

3. Kembalikan Energi dengan Cepat
Saat puasa, tubuh akan lebih cepat kehabisan energi sehingga butuh asupan kalori sebagai bahan bakar energi. Buah kurma bisa membantu mengembalikan energi tersebut karena memiliki banyak nutrisi yang dengan cepat dicerna oleh tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi saat buka puasa atau sebelum makanan berat lainnya.

Baca Juga : Bolehkah Baca Al Quran Melalui HP? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

4. Mempersiapkan Pencernaan Saat Buka Puasa
Setelah seharian tidak terisi apapun, lambung bisa sedikit kaget dan terasa perih jika langsung mengonsumsi makanan berat. Mengonsumsi kurma terlebih dahulu akan menjadi persiapan yang baik bagi lambung untuk mencerna makanan berat setelahnya. Hal ini bermanfaat untuk yang punya riwayat penyakit lambung.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Dilansir dari BBC Good Food, kandungan serat dalam kurma bisa menjaga mikrobioma usus yang sehat. Dengan kandungan serat yang tinggi, kurma sangat baik untuk saluran pencernaan. Bagi yang sedang mengalami sembelit, disarankan untuk mengonsumsi kurma. Serat dalam kurma bisa mendorong pergerakan tinja sehingga mampu meredakan sembelit.

6. Menstabilkan Gula Darah
Takut gula darah tinggi setelah makan kurma? Tidak perlu khawatir. Asalkan mengonsumsinya tidak berlebihan, kurma justru bisa membantu untuk menstabilkan gula darah. Ini karena kurma memberikan rasa manis saat dimakan tapi tanpa menimbulkan lonjakan yang signifikan pada kadar gula darah. Sehingga kurma menjadi camilan yang aman dikonsumsi bagi siapa saja.

Baca Juga : Bolehkah Membayar Zakat Fitrah dari Uang Hasil Hutang?

7. Kesehatan Jantung
Dalam setiap butir kurma memiliki kandungan potasium yang penting untuk sistem kardiovaskular yang berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Selain itu, kalium di dalam kurma juga bisa mengurangi tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi kurma saat bulan puasa. Jadi mulai sekarang jangan melewatkan untuk mengonsumsi takjil kurma.

Penulis : Nidi
Komentar