Jumat, 10 Mei 2024 20:05

5 manfaat Buah Naga, Salah Satunya Cegah dan Atasi Sembelit

5 manfaat Buah Naga, Salah Satunya Cegah dan Atasi Sembelit 

ABATANEWS, JAKARTA – Dibalik rasanya yang manis dan lezat, ada banyak manfaat buah naga merah untuk kesehatan, termasuk mencegah penyakit kanker. Berkat kandungan antioksidan, serat, vitamin, dan mineral di dalamnya, buah yang kulitnya menyerupai sisik ini juga memiliki segudang manfaat lain.

buah naga merah banyak disukai karena memiliki rasa yang manis, kandungan air yang tinggi, serta tekstur yang lembut. Karakteristik inilah yang membuat buah naga merah kerap diolah menjadi beragam makanan penutup, seperti smoothies, jus, atau es buah.

Selain memanjakan lidah, ada banyak manfaat buah naga merah bagi kesehatan. Buah ini baik untuk mengatasi sembelit, bahkan diketahui bisa mencegah penyakit jantung dan kanker.

Kandungan Nutrisi Buah Naga Merah dalam 1 buah dengan berat sekitar 300 gram, terkandung 213 kalori dan beragam nutrisi. Masing-masing 10 gram serat, 5 gram protein, 39 miligram kalsium, 42 miligram fosfor, 1,2 miligram zat besi, 384 miligram kalium, dan 3 miligram vitamin C.

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ada banyak manfaat buah naga merah untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa peroleh dengan mengonsumsi buah naga merah:

1. Mencegah dan mengatasi sembelit

Buah naga tinggi akan serat dan prebiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Nutrisi-nutrisi ini diketahui dapat memperlancar buang air besar, sehingga mencegah dan mengatasi sembelit.

2. Mencegah anemia

Konsumsi buah naga merah secara rutin diketahui bisa menjadi salah satu cara mencegah anemia. Manfaat buah naga merah ini diperoleh dari kandungan vitamin C pada buah naga merah yang dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi. Zat besi sendiri merupakan jenis mineral yang penting dalam proses produksi sel darah merah.

Namun, untuk mengoptimalkan upaya pencegahan anemia, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Beberapa contoh makanan kaya akan zat besi adalah daging merah, kacang merah, atau kacang almond.

3. Mencegah penuaan dini

Tingginya kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah naga merah juga dapat mengurangi noda hitam dan garis halus yang sering dikaitkan dengan penuaan dini. Antioksidan dan vitamin C akan memperbaiki sel tubuh yang rusak, termasuk sel kulit, sehingga membuat Anda tampak awet muda.

4. Menjaga berat badan ideal

Tak hanya kaya akan serat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama, buah naga merah juga tergolong buah yang rendah kalori. Hal ini membuat buah naga merah cocok untuk dijadikan camilan sehat guna membantu menjaga berat badan ideal.

5. Mengontrol gula darah

Manfaat buah naga merah dalam mengontrol kadar gula darah ini bisa diperoleh dari kandungan serat dan antioksidan di dalamnya. Buah naga merah bahkan dipercaya dapat memperbaiki sel-sel pankreas yang rusak, sehingga terjadi peningkatan kadar hormon insulin.

Penulis : Azwar
Komentar