Sabtu, 25 Maret 2023 15:13

5 Aktivitas yang Bisa Bikin Terhindar dari Bau Mulut saat Puasa

Ilustrasi Bau Mulut (dentalstudioazuqueca.com)
Ilustrasi Bau Mulut (dentalstudioazuqueca.com)

ABATANEWS.COM – Aktivitas kaum muslimin dan muslimat akan tetap berjalan meski menunaikan ibadah puasa saat bulan Ramadan. Entah itu bekerja, ke masjid untuk shalat, dan lain sebagainya.

Dalam menjalankan aktivitas, tentunya kaum muslimin dan muslimat tak ingin mendapat citra yang kurang baik. Misalnya, adanya bau mulut yang tentu mengganggu diri sendiri maupun orang lain.

Bau mulut yang muncul selama berpuasa, biasanya dipicu oleh beberapa hal. Diantaranya adalah makanan yang kita konsumsi saat santap sahur yang cenderung berbau menyengat.

Baca Juga : Larangan Puasa Selama Hari Tasyrik Berdasarkan Hadis dan Pendapat Ulama

Sehingga menyebabkan bakteri berkembang biak dengan cepat. Selain itu, bau mulut juga dapat muncul dari dalam tubuh sendiri, seperti yang dialami oleh pasien pengidap diabetes atau maag.

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari timbulnya bau mulut selama puasa, maka penting melakukan beberapa hal. Lantas, berikut ini adalah 5 aktivitas yang dapat mengurangi bau mulut selama berpuasa, diantaranya adalah :

1. Minum air putih 2-3 liter perhari ketika sahur atau berbuka puasa.

Baca Juga : Hasil Survei Saat Ramadan, Pengeluaran Terbesar Masyarakat Indonesia Dikeluarkan saat Bukber

2. Menggosok gigi dengan sempurna dan menggosok lidah, serta gunakan obat kumur untuk hasil mulut yang bersih secara maksimal

3. Menghindari makanan yang berbau tajam.

4. Tidak merokok saat berbuka dan sahur.

Baca Juga : Malam Lailatul Qadar: Keutamaan dan Makna Mendalam Bagi Umat Islam

5. Hindari tidur terlalu lama, karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.

Dengan menerapkan 5 aktivitas yang dapat mengurangi bau mulut saat puasa tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan diri dalam berinteraksi maupun beribadah disaat bulan Ramadan.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar