Rabu, 05 Mei 2021 20:09

400 Pasukan Setan TNI Siap Diterjunkan ke Papua

400 Pasukan Setan TNI Siap Diterjunkan ke Papua

ABATANEWS – Setelah menetapkan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua sebagai teroris, TNI menyiapkan 400 prajurit dari Pasukan Setan untuk mengamankan situasi di Papua.

“Iya sudah disiapkan, Pasukan Setan 400 personel,” kata Asisten Operasi Kodam II Sriwijaya Kolonel Inf. Willy Brodus Yos Rohadi, kepada wartawan, Rabu (5/5/2021).

Pasukan Setan merupakan personel TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) dari Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda.

Baca Juga : Korban Penembakan di Yahukimo Belum Ditemukan, Keluarga di Makassar Resah

Pasukan Setan akan melakukan pengamanan terkait ancaman KKB terhadap masyarakat Jawa di Papua, akan dilakukan sesuai perintah. Mereka akan menunggu instruksi dari Kodam di Papua.

“Jadi mereka bergabung dengan korps di sana. Nanti BKO soal penanganan sesuai perintah Kodam di sana,” kata dia.

Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan penetapan status teroris itu lantaran kelompok bersenjata tersebut dianggap semakin brutal melakukan penyerangan dan kekerasan. Bahkan, kata Mahfud, mengakibatkan korban warga sipil.

Baca Juga : 1 Lagi KKB Ditemukan Tergeletak Usai Baku Tembak dengan Tim Gabungan di Distrik Serambakon

Sehari sebelum ada keputusan tersebut, Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI, Kol Czi IGN Suriastawa menyatakan KKB OPM patut dibasmi atau dibabat habis.

Pernyataan itu diutarakan usai insiden penembakan Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

Sementara OPM membantah pernyataan pemerintah. Kelompok ini menyebut militer Indonesia yang selama bertahun-tahun justru melakukan kekerasan ke warga Papua.

Komentar