Selasa, 03 Mei 2022 18:19

3 Negara Ini Ternyata Punya Tradisi Mudik

ilustrasi mudik (Foto: freepik)
ilustrasi mudik (Foto: freepik)

ABATANEWS – Saat perayaan hari raya Idulfitri, masyarakat Indonesia memiliki banyak tradisi. Salah satunya, adalah mudik di mana para perantau dari berbagai daerah pulang kampung untuk lebaran bersama keluarga.

Tapi ternyata, bukan hanya di Indonesia saja yang memiliki tradisi mudik. Sebab tiga negara ini, juga ada tradisi serupa jelang perayaan IdulFitri.

Apa saja negara itu, berikut daftarnya.

Baca Juga : Selama Operasi Ketupat 2022, Polda Sulsel Catat Terjadi 63 Lakalantas

– Turki

Tradisi mudik tidak hanya dikenal di wilayah negara-negara Asia, melainkan di Eropa. Salah satunya di Turki di mana budaya mudik turut dilaksanakan.

Negara yang termasuk penduduk muslim terbesar di Eropa ini rupanya juga mengakui budaya mudik sebagai rutinitas wajib yang dilakukan menjelang perayaan Idulfitri. Bedanya, istilah Idulfitri di negeri ini kurang populer, mereka lebih sering menyebutnya dengan Bayram.

Baca Juga : Kemenhub: Jangan Mudik Hari Ini, Macet!

Mendekati Bayram, masyarakat Turki, terutama yang bermigrasi atau transmigran juga akan disibukkan dengan rutinitas mudik. Di negeri ini pun tradisi beli baju baru dan bersilaturahmi dengan teman dengan tetangga juga dilakukan.

– Malaysia

Negara tetangga Indonesia, yakni Malaysia tidak hanya terkenal dengan penduduknya yang mayoritas beragama Islam. Di negeri ini, bahkan budaya Islam jauh lebih kental dan kuat dilakukan oleh warganya. Belum lagi tradisi mudik, tradisi unik juga berlaku di Malaysia.

Baca Juga : Hingga Sabtu, 60% Pemudik Belum Kembali

Hanya saja istilahnya tidak sama dengan di Indonesia. Jika orang Indonesia mengenalnya sebagai mudik, maka orang Malaysia lebih mengenalnya dengan istilah di belakang kampung.

Meski berbeda, maknanya sama yaitu pulang ke kampung halaman. Tradisi di balik kampung ini juga dilakukan oleh masyarakat perantauan yang bekerja jauh dari rumah dan ingin merayakan Idufitri di tempat asalnya.

Menjelang Lebaran, arus “pulang kampung” di Malaysia tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Jalanan akan ramai dengan kendaraan bermotor, pelabuhan akan ramai dengan antrian kapal yang ingin menyeberang dan sebagainya.

Baca Juga : Arus Balik Mudik ke Makassar, Sistem Ganjil Genap Diterapkan

– India

Di India, tradisi mudik disebut juga dengan tradisi pulang kampung, yang dilakukan oleh para transmigran atau migran perantauan yang bekerja atau belajar jauh dari tempat asalnya. Sejumlah ruas jalan di India juga tampak lebih ramai dari biasanya karena banyak pengendara yang mudik.

Selain mudik menjelang Idulfitri, di India juga terjadi saat menyambut upacara tradisi Festival Cahatya atau lebih populer Dilwali dan juga menjelang Idul Adha. Perayaan ini biasanya diperingati dengan meriah dan penuh dengan cahaya, baik dari lampu ataupun lilin.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar