Selasa, 19 Maret 2024 15:09

3 Kali Seleksi CASN 2024, BKN: Calon Peserta Cuma Bisa Daftar Sekali

Ilustrasi CPNS dan PPPK.
Ilustrasi CPNS dan PPPK.

ABATANEWS, JAKARTA — Meski pemerintah membuka 3 kali seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2024, namun calon peserta cuma bisa melakukan sekali pendaftaran.

Menurut Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, mengatakan, calon peserta tidak diperkenankan mendaftar lagi seleksi, bila pernah gagal dalam seleksi sebelumnya.

Seperti diketahui, ada 3 seleksi CASN untuk tahun ini. Pertama pada bulan April untuk formasi sekolah kedinasa. Lalu bulan Juni untuk formasi dari pemerintah pusat. Dan bulan September untuk formasi pemerintah daerah.

Baca Juga : Pendaftaran CPNS 2024 Dimulai 15 Mei, Cek Lengkapnya di Sini

“Ada tiga kali seleksi, tapi orang hanya bisa mendaftar satu. Enggak boleh kalau ini enggak lulus, dia ikut yang lain, enggak (bisa). Pokoknya dia kalau sudah ikut salah satu tahap, enggak boleh ikut lagi di tahap selanjutnya,” kata Haryomo di Jakarta, pada Selasa (19/3/2024).

Untuk itu, Haryomo menyarankan untuk memikirkan matang-matang pada seleksi mana yang mau diikuti. Sebab, tak ada kesempatan kedua untuk tahun ini bila telah dinyatakan gagal seleksi.

Kalau dia mau ikut seleksi kedinasan, yaudah dia di April harus sudah siap. Tapi kalau mau instansi pusat, pusat dulu ya, itu di bulan Juni. Kalau instansi daerah di September,” terangnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar