Sabtu, 09 Juli 2022 12:19

2 Skenario Timnas Indonesia agar Bisa Lolos Semifinal Piala AFF U-19

Skuad Timnas Indonesia U-19 menghadapi Timnas Filipina U-19 di match keempat Grup A, Piala AFF U-19. (Foto: PSSI)
Skuad Timnas Indonesia U-19 menghadapi Timnas Filipina U-19 di match keempat Grup A, Piala AFF U-19. (Foto: PSSI)

ABATANEWS – Skuad Timnas Indonesia masih berpotensi lolos semifinal Piala AFF U-19. Namun, setidaknya ada dua skenario yang memungkinkan anak asuh Shin Tae-yong bisa melangkah lebih jauh di ajang tersebut.

Seperti diketahui, Indonesia tergabung dalam grup A dan telah melakoni 4 pertandingan. Masing-masing imbang melawan Vietnam 0-0, menang 7-0 dari Brunai Darussalam.

Kemudian kembali imbang melawan Thailand 0-0, dan di laga keempat menang 1-5 dari Filipina. Dengan 4 laga tanpa menyentuh kekalahan, Indonesia kini mengemas 8 poin dengan selisih 11 gol berhasil dimasukkan dan menempati posisi 3 klasemen grup A.

Baca Juga : Permintaan Shin Tae-yong Jelang Indonesia Hadapi Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Di sisi lain, Indonesia harus bersaing dengan dua negara lainnya yakni Vietnam dan Thailand. Kedua pesaing ini, telah mengamankan 3 kemenangan dan masing-masing sekali imbang saat menghadapi Indonesia.

Dengan hasil tersebut, baik Vietnam dan Thailand telah mengemas 10 poin dari 4 pertandingan. Di laga kelima nanti, akan menjadi penentu baik untuk Indonesia, Vietnam dan Thailand.

Di laga tersebut menentukan siapa yang bakal lolos ke tahap selanjutnya. Indonesia sendiri, bakal menghadapi Myanmar pada 10 Juli 2022.

Baca Juga : Usai Juara Piala AFF U-19, Timnas Indonesia Dapat Uang Pembinaan Rp 1 Miliar

Sementara di tanggal yang sama, Thailand akan berhadapan dengan Vietnam. Di sini pula, skenario agar Indonesia lolos ke semifinal akan berjalan.

Untuk skenario pertama, Indonesia wajib memenangkan laga melawan Myanmar. Paling tidak, Indonesia bisa menang dengan mencetak gol lebih dari dua untuk membuat posisi lebih aman sekaligus mengemas 11 poin.

Untuk skenario kedua, jika meraih kemenangan, Indonesia harus menunggu hasil antara laga Thailand versus Vietnam. Jika hasil imbang antara kedua tim terjadi, Indonesia memastikan diri lolos dengan status juara grup dengan syarat menang melawan Myanmar.

Baca Juga : Usai Juara Piala AFF U-19, Indra Sjafri Ungkap Target Dari Erick Thohir

Hal itu, karena selisih gol Indonesia lebih banyak ketimbang Thailand dan Vietnam. Di empat laga yang dilakoni ketiga negara ini, diketahui Indonesia menjadi tim dengan gol terbanyak yakni 11.

Sementara Thailand baru mengumpulkan agregat 6 gol dan Vietnam 9 gol. Namun, hal lain akan berubah ketika kedua tim saling mengalahkan.

Misalnya, pertandingan kedua tim dimenangkan Vietnam, otomatis negara ini akan menjadi juara grup A dengan mengumpulkan 13 poin. Sementara Indonesia, melenggang ke posisi kedua klasemen grup A, dan 11 poin dengan syarat menang melawan Myanmar.

Baca Juga : Indonesia Juara Piala AFF U-19, Gelar Kedua Sepanjang Sejarah

Intinya, kunci agar Indonesia lolos semifinal Piala AFF U-19 adalah menang melawan Myanmar. Jika imbang atau kalah, dipastikan Indonesia tersingkir dari ajang tersebut.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar