Sabtu, 14 Januari 2023 16:14

163 Kelompok Wira Usaha di Lutra Dapat Dana Hibah dari Pemkab

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, saat menyerahkan secara simbolis bantuan peralatan usaha kepada kelompok Wira Usaha.
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, saat menyerahkan secara simbolis bantuan peralatan usaha kepada kelompok Wira Usaha.

ABATANEWS, LUTRA – Sebanyak 163 kelompok wira usaha di Luwu Utara mendapatkan hibah berupa bantuan peralatan usaha. Bantuan tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Jumat (13/02/2023).

Penyerahan hibah bantuan peralatan kepada kelompok Wira usaha ini, merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Luwu Utara. Utamanya, dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat yang terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

“Meskipun kemampuan keuangan kita sangatr terbatas, tapi karena ini adalah komitmen pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat, dalam hal membantu masyarakat meningkatkan perekonomiannya,” kata Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, usai menyerahkan secara simbolis bantuan peralatan usaha kepada kelompok Wira Usaha.

Baca Juga : Cerita Abang Fauzi yang Ditugaskan Bahlil Jadi Calon Bupati Lutra dan Dilemanya Indah

Indah juga meminta Dinas Ketenaga Kerjaan dan transmigrasi Luwu Utara, untuk terus memantau setiap progres dari setiap kelompok yang menerima bantuan. Menurutnya harus ada progres yang baik sebelum dan setelah menerima bantuan peralatan usaha tersebut.

“Dalam ilmu ekonomi, modal terdiri beberapa hal seperti manusia, alat, akses keuangan dan lain lain, intinya apapun modal itu kalau tidak dikelolah dengan baik hasilnya juga akan tidak baik. Setiap alat yang kita berikan itu betul betul dimanfaatkan jangan sampai berpindah tangan atau dijual. Kita harap ini berdampak dan harus kelihatan dampaknya sebelum dan sesudah alat ini ada. Dinas ketenaga kerjaan harus terus memantau itu,” tegas bupati perempuan pertama di Sulsel itu.

Istri anggota DPR RI Fraksi Golkar Muhammad Fauzi itu juga mengingatkan kepada masayarakat dan kelompok usaha untuk memanfaatkan program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi), program pemda Luwu Utara ini menyediakan fasilitas pembiayaan maksimum Rp.20 juta/debitur yang bunganya 100 % ditanggung oleh pemda.

Baca Juga : Dandang Jadi Pionir Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Luwu Utara

Sekedar diketahui, penyaluran bantuan peralatan kerja kepada kelompok tahun anggaran 2022 ini, sedikitnya ada 164 kelompok yang mendapatkan bantuan dengan total anggaran Rp 3,6 miliar lebih.

Penulis : Wahyuddin
Komentar