Sabtu, 02 Maret 2024 20:07

1.173 Peserta Ramaikan Seleksi PPIH Arab Saudi 2024, 6 Formasi Disediakan

1.173 Peserta Ramaikan Seleksi PPIH Arab Saudi 2024, 6 Formasi Disediakan 

ABATANEWS.COMKementerian Agama menggelar seleksi calon Pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M. Pendaftaran digelar secara online dari 15 – 25 Februari 2024 hingga terverifikasi 1.173 peserta yang masuk tahap tes.

“Total ada 2.133 pendaftar. Setelah dilakukan proses verifikasi, ada 1.173 peserta yang lolos dan masuk tahap tes,” terang Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam di Jeddah, Jumat (1/3/2024).

Ia menjelaskan, seleksi ini membuka enam formasi. Masing-masing Layanan Teknologi Informasi, Layanan Umum, Mekanik Kendaraan, Pengemudi, Sekretariat, dan Teknik Listrik.

Baca Juga : Pengumuman Kelulusan Hasil SPAN-PTKIN Ditetapkan 2 April 2024 Mendatang

Menurut Nasrullah, tes seleksi Pendukung PPIH Arab Saudi 1445 H/2024 M digelar dua hari. Hari pertama, Ujian CAT (Computer Assisted Test) yang berlangsung hari ini, dari 09.30 – 10.30 WAS (Waktu Arab Saudi) di kantor Teknis Urusan Haji KJRI Jeddah. Kedua, tahap wawancara yang dua hari, 1 – 2 Maret 2024.

“Hasil seleksi Pendukung PPIH Arab Saudi unsur WNI Mukimin Arab Saudi akan diumumkan pada 4 Maret 2024,” sebut Nasrullah.

Nasrullah menambahkan, ada kebijakan baru dari Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah terkait seleksi tenaga pendukung PPIH Arab Saudi.

Baca Juga : Siapkan Regulasi Umrah Backpacker, Menag Yaqut Terbang Ke Arab Saudi

Tenaga pendukung PPIH Arab Saudi terbagi dalam dua kategori. Yaitu unsur mahasiswa Indonesia yang belajar di Timur Tengah dan unsur warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Arab Saudi (mukimin).

“Proses seleksi tenaga pendukung PPIH Arab Saudi unsur mahasiswa Indonesia yang belajar di Timur Tengah dilaksanakan Direktorat Bina Petugas Haji. Sedangkan unsur Mukimin tetap dilaksanakan oleh Teknis Urusan Haji KJRI Jeddah,” papar Nasrullah.

Proses seleksi, sejak dari pendaftaran hingga tahap ujian CAT, menggunakan aplikasi yang disediakan oleh Ditjen PHU. Aplikasi tersebut sama dengan yang digunakan untuk proses rekrutmen petugas haji di Indonesia.

Baca Juga : Masuk Bulan Suci Ramadan, Menag Yaqut Harap Jadi Momentum Pemersatu Pasca Pemilu

“Tahun ini kali pertama ujian tertulis menggunakan CAT dengan handphone berbasis Android. Aplikasi ini secara real time mengirim data ke server sehingga proses penilaian lebih cepat,” tandasnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar