Survei PPI di Pilgub Sulsel: Paslon DIA Unggul Tipis dari Andalan Hati di Kota Makassar 

Survei PPI di Pilgub Sulsel: Paslon DIA Unggul Tipis dari Andalan Hati di Kota Makassar 

ABATANEWS, MAKASSAR – Lembaga survei Parameter Publik Indonesia (PPI) mengeluarkan hasil survei terbaru terkait Pilwakot Makassar. Selain Pilwalkot Makassar, lembaga survei PPI juga mengeluarkan hasil survei untuk Pilgub Sulsel 2024.

Direktur Eksekutif PPI Ras MD mengatakan khusus survei untuk Pilgub Sulsel hanya dilakukan di Kota Makassar saja. Sehingga, data yang dikumpulkan hanya dipusatkan di Makassar dan menunjukkan Paslon nomor urut 01, Moh Ramdhan “Danny Pomanto”-Azhar Arsyad (DIA) ungguli Paslon nomor urut 02 Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati).

“Pasangan DIA unggul dengan 31,2 persen sementara Paslon Andalan Hati memperoleh 29,2 persen. Elektabilitas keduanya di kota Makassar dari hasil survei habya terpaut tipis atau hanya sekitar 2 persen,” kata Ras MD di Makassar pada Minggu (20/10/2024).

Sementara itu, survei ini juga mengambil sampel dengan beberapa pertanyaan. Misalnya, 1,0 persen responden memilih pasangan lain, 7,4 persen masih merahasiakan pilihan mereka, 20,5 persen belum menjawab, dan 10,7 persen menyatakan tidak tahu.

Survei ini dilakukan pada periode 3-13 Oktober 2024 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Sebanyak 2.000 responden diwawancarai secara tatap muka menggunakan kuesioner. Survei ini memiliki margin of error sebesar 2,2 persen.

“Ini ketat posisinya antara dua poros head to head. Jadi cukup sengit pertarungan pilgub untuk konteks Makassar. Ini bukan untuk seluruh daerah di Sulsel ya. Tapi hasil survei ini hanya untuk Makassar saja,” tegas Ras MD.

Berita Terkait
Baca Juga