Siapa Pengganti Tjahjo Kumolo dari PDIP?

Siapa Pengganti Tjahjo Kumolo dari PDIP?

ABATANEWS, JAKARTA – Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia. Ia wafat dalam masa tugasnya sebagai Menteri PAN-RB.

Mantan Menteri Dalam Negeri pada era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla periode 2014-2019 itu merupakan politikus senior PDIP.

Lantas, siapa yang disodor PDIP untuk menggantikan Tjahjo.

“Belum. Kita masih dalam suasana berduka ya,” Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat, pada Ahad (3/7/2022), seperti dikutip dari Kumparan.

Menurut Djarot, Tjahjo bukan cuma seorang tokoh politik yang membesarkan PDIP, namun ikut terlibat dan mengabdikan diri untuk bangsa dan negara. Makanya, kata Djarot, tak elok untuk saat ini membincangkan siapa yang akan menggantikan perannya di pemerintahan.

“Tentu saja kita sadari maklumi bahwa itu adalah kewenangan dari Pak Jokowi (Presiden RI). Tapi marilah kita berdoa agar Pak Tjahjo itu diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan ya dan pada keluarganya diberikan kekuatan ketabahan ya,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Djarot juga menegaskan, tak ada kontrak politik khusus, bahwa figur yang akan mengisi pos Menteri PAN-RB merupakan orang dari kader PDIP.

“Kita serahkan sepenuhnya ya. Jadi kita kerja samanya bukan kerja sama secara pragmatis ya, kita mendukung Pak Jokowi itu betul-betul mendukung yang total,” ungkap Djarot.

“Jadi pendukung utama Pak Jokowi itu kan PDI Perjuangan ya dan Pak Jokowi itu juga kader dari PDI Perjuangan. Tetapi kita tidak pernah meminta-minta jatah kita,” lanjut dia.

Berita Terkait
Baca Juga