Ribuan Warga Inggris Turun ke Jalan Tolak Rencana Aturan Paspor Vaksin

Ribuan Warga Inggris Turun ke Jalan Tolak Rencana Aturan Paspor Vaksin

ABATANEWS — Ribuan demonstran turun ke jalan-jalan London untuk memprotes kemungkinan pengenalan paspor vaksin sebagai bagian dari rencana pemerintah menangani Covid di musim dingin.

Para pengunjuk rasa berbaris melalui Piccadilly Circus di pusat kota sekitar pukul 1 siang, memegang tanda bertuliskan ‘tidak ada paspor vaksin’.

Beberapa mengenakan penutup wajah saat mereka berjalan melalui jalan-jalan yang sibuk di bawah pengawasan polisi.

Rekaman video menunjukkan beberapa demonstran bentrok dengan petugas di luar Kedutaan Besar Australia saat protes damai menjadi lebih agresif.

Dalam video tersebut, pengunjuk rasa berteriak di depan tiga petugas yang berdiri di luar kedutaan. Seorang wanita mendorong salah satu petugas sebelum dibalas dorongan.

Ahli teori konspirasi Piers Corbyn – saudara mantan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn – dan David Icke menghadiri protes tersebut.

Kasus harian turun untuk hari ketujuh berturut-turut di Inggris dengan 41.278 infeksi virus Corona baru tercatat, turun 8,2 persen dari 44.985 yang tercatat Sabtu lalu.

Paspor Covid sudah digunakan saat bepergian ke luar negeri, memungkinkan wisatawan untuk menampilkan status vaksin mereka di perbatasan dan menghindari isolasi diri saat kembali dari tujuan yang tidak masuk daftar merah.

Namun, warga menolak rencana pemerintah menjadikan paspor vaksin sebagai syarat untuk klub malam dan acara lainnya.

Berita Terkait
Baca Juga