Minggu, 15 Mei 2022 08:03

Final Thomas Cup

Prediksi Line Up Indonesia vs India: Jangan Sampai Partai ke-5

Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: PBSI)

ABATANEWS – Indonesia akan menjalani laga pamungkas di Thomas Cup 2022 menghadapi India, di partai final pada Ahad (15/5/2022). Jadwalnya, laga ini akan dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Indonesia diperkirakan akan menurunkan skuat yang sama sejak babak quarter final. Yakni memasang Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra pertama), Moh Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra pertama), Jonatan Christie (tunggal putra kedua), Fajar Alfian/Muh Rian Ardianto (ganda putra kedua), dan Shesar Hiren Rustavito (tunggal putra ketiga).

Sementara India, komposisi pemain cuma kemungkinan berubah di ganda putra kedua. Di luar itu, India kemungkinan akan tetap memasang Lakhsya Sen (tunggal putra pertama), Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (ganda putra pertama), Srikant Kidambi (tunggal putra kedua), dan Prannoy H S (tunggal putra ketiga).

Baca Juga : Selamat! India Ukir Sejarah di Thomas Cup 2022

Indonesia merupakan Juara Grup A dan India merupakan runner-up Grup C. Di babak quarter final dan semi final, India selalu memainkan 5 partai dan menang 3-2 atas Malaysia dan Denmark. India cuma sekali kalah atas China Taipei di babak grup dengan skor 2-3.

Melihat performa pemain tunggal India, tim Indonesia selalu juara bertahan mesti waspada. Ada dua pemain India yang belum pernah kalah sepanjang turnamen yang berlangsung di Bangkok, Thailand ini, yakni Kidambi dan Prannoy.

Bahkan, sejak babak 8 besar hingga 4 besar, Prannoy selalu menjadi penentu kemenangan India, sekaligus menjadi pelaku sejarah yang membawa India masuk final pertama kalinya sejak pagelaran Thomas dan Uber Cup.

Baca Juga : Link Live Streaming: Line Up Indonesia vs Jepang, Menanti Duel Momogi

Sedangkan titik lemah India ada di ganda putra kedua. Sejak babak penentuan grup hingga semi final, ganda putra kedua India selalu kalah atas lawannya.

Bila mengikuti jejak China Taipei di babak grup, kunci kemenangan tim ada pada dua laga awal. Kemungkinan besar pertarungan antara Ginting vs Sen dan Ahsan/Kevin vs Rankireddy/Shetty.

Apabila dua kemenangan pertama itu bisa direbut, bukan tidak mungkin Indonesia bisa memastikan titel juara tahun ini dengan skor meyakinkan 3-0. Atau skenario lain, bila Jojo tak mampu mengalahkan Kidambi, maka partai keempat Fajar/Rian yang kemungkinan akan memastikan gelar juara.

Baca Juga : Nonton Via IG! Ini Line Up Indonesia vs China, Ahsan/Kevin Main Lagi

Situasi akan bisa terbalik, bila dua partai awal bisa direbut oleh India, walau cuma satu. Entah lewat Sen atau Rankireddy/Shetty. Sebab, kemungkinan partai akan dilanjut ke partai kelima antara Shesar vs Prannoy.

Baik Shesar dan Prannoy sejauh ini tampil gemilang di Thomas Cup 2022. Keduanya belum pernah terkalahkan.

Namun, Prannoy benar-benar gemilang pada ajang ini. Ia berhasil melibas semua lawannya dengan cukup meyakinkan. Termasuk saat mengalahkan salah satu pemain tunggal kuat, Rasmus Gemke (Denmark) di babak semif final dengan skor 13-21 21-9 21-12.

Baca Juga : 6 Kali Terhenti di Babak 8 Besar, Masa Depan Tim Uber Indonesia Cerah

Jadi, melihat peta kekuatan kedua tim, dua laga awal akan sangat menentukan bagi Indonesia. Begitu pun bagi India, tunggal putranya akan selalu jadi “jimat keberuntungan” demi menciptakan sejarah buat pasukan India.

Penulis : Wahyuddin
Komentar