Penampakan Jutaan Ton Sampah di Pantai Guatemala Jadi Sorotan 

Penampakan Jutaan Ton Sampah di Pantai Guatemala Jadi Sorotan 

ABATANEWS – Jutaan sampah menumpuk di salah satu pantai di Negara Guatemala. Sampah-sampah tersebut berasal dari salah satu sungai paling tercemar di dunia, Sungai Montague yang mengalir menuju pantai.

Jutaan sampai ini, kemudian jadi sorotan oleh Tim Operasi 4 Samudra. Melalui akun Instagram resminya @4ocean, sebuah video diunggah yang menampilkan pantai tersebut mengalami pencemaran lingkungan berupa sampah berbagai jenis mengambang di bibir pantai.

“Bagaimana jika kami memberi tahu Anda seperti inilah garis pantai Guatemala sekarang. Selama musim hujan, jutaan pon sampah plastik terdampar di pantai Guatemala setelah menyusuri Rio Motagua, salah satu sungai paling tercemar di dunia,” bunyi unggahan video @4ocean dilansir Rabu (8/6/2022).

Lebih lanjut, Tim Operasi 4 Samudra sejatinya memiliki tim di Guatemala. Mereka, diketahui telah bertugas selama 2 tahun terakhir untuk menangani masalah sampah di pantai tersebut.

Namun, untuk memastikan pembersihan pantai secara menyeluruh, Tim Operasi 4 Samudra akan menurunkan tim. Rencananya, tim tersebut akan tiba pada pekan depan.

“Minggu depan, Tim Operasi 4ocean akan melakukan perjalanan untuk mengunjungi fasilitas pembersihan Guatemala kami. Selama 2 tahun terakhir, kami telah memobilisasi kru pembersihan lokal kami untuk mengatasi polusi plastik di pantai Guatemala,” lanjut @4ocean.

“Sekarang, kami ingin menghentikan sampah di hulu sebelum mencapai laut. Tetap disini untuk perkembangan yang akan datang pada misi yang kompleks ini,” demikian unggahan akun tersebut.

Berita Terkait
Baca Juga