Minggu, 17 September 2023 20:09

Pemuda Pesisir Makassar Diedukasi Penanganan Limbah Plastik oleh Nelayan Ganjar 

Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo menggelar penyuluhan dan edukasi cara penanganan limbah plastik pada Minggu (17/9/2023).
Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo menggelar penyuluhan dan edukasi cara penanganan limbah plastik pada Minggu (17/9/2023).

ABATANEWS, MAKASSAR – Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo menggelar penyuluhan dan edukasi cara penanganan limbah plastik pada Minggu (17/9/2023).

Menggandeng puluhan anak muda dan milenial, penyuluhan ini sukses digelar di pesisir Pantai Tanjung Bayang di Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel, Indra Gunawan mengatakan kegiatan ini bertujuan mengedukasi masyarakat akan bahayanya limbah plastik terhadap lingkungan pesisir.

Baca Juga : Debat Capres-Cawapres Berubah Format, Ganjar-Mahfud Siapkan Program Anti Korupsi 

“Pertama kami pengenalan bagaimana dampak sampah plastik terhadap lautan dan ekosistem laut, selanjutnya bagaimana metode pencegahan dari peningkatan limbah plastik ini. Sampai cara penggunaan limbah plastik yang benar dan pengelolaannya,” ujarnya.

Dia berharap, kegiatan ini bisa menanamkan rasa kepedulian terhadap masyarakat agar lebih peduli lingkungan pesisir dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Untuk di Tanjung Bayang ini, salah satu tempat wisata di Makassar yang terkenal akan pantainya. Namun, seiring perkembangan waktu, wisatawan semakin banyak dan sinkron dengan peningkatan jumlah sampah,” jelas Indra.

Baca Juga : Iqbal Arifin, Kolega Ganjar Pranowo yang Ingin Mengabdi Via Jalur Parlemen

Selain sosialisasi, loyalis Ganjar ini juga mengajak para anak muda untuk bergotong royong membersihkan sampah yang ada di area pesisir Pantai Tanjung Bayang.

Lewat aksi gotong royong ini Indra berharap, dapat meningkatkan kenyamanan aktivitas masyarakat pesisir sekaligus mendorong jumlah wisatawan yang datang.

“Jadi harapannya setelah teman-teman bersih-bersih pantai, masyarakat dan wisatawan yang hadir, secara tidak langsung bisa peka terhadap pentingnya membuang sampah pada tempatnya,” harap Indra.

Baca Juga : Bawaslu Makassar: Jalan Sehat Ganjar dan Gibran Dihadiri PPS, ASN, dan Anak-anak

“Kegiatan kami terinspirasi dari Pak Ganjar. Sosok yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai ekosistem dan peduli pada masyarakat pesisir,” tambahnya.

Penulis : Azwar
Komentar