Peluang Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia Terbuka Lebar

Peluang Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia Terbuka Lebar

ABATANEWS.COM – Peluang Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia terbuka lebar. Hal itu setelah Garuda Nusantara sukses menunbangkan Timnas Vietnam dalam partai kedua Grup D, pada Jumat malam (19/1/2024).

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah Bin Khalifah berakhir dengan skor tipis 1-0. Gol dari Indonesia diciptakan Asnawi Mangkualam Bahar melalui titik pitih pada menit 42.

Hasil ini membawa Indonesia mengantongi tiga poin dan bertengger di posisi 3 klasemen Grup D. Sementara di posisi kedua ditempati Timnas Jepang yang juga mengemas tiga poin serta Timnas Irak di posisi puncak dengan 6 poin.

Irak sendiri telah memastikan lolos ke babak 16 besar usai menumbangkan Jepang malam tadi dengan skor tipis 1-2. Dengan begitu, posisi runner-up Grup D akan diperebutkan Indonesia dan Jepang.

Perebutan posisi kedua grup akan ditentukan melalui duel ketiga Grup D antara Indonesia versus Jepang. Laga ini, akan berlangsung di Stadion AT Thumama pada 24 Januari 2024 mendatang.

Jika mampu menang, Indonesia dipastikan lolos ke babak 16 besar dengan status runner-up grup D. Namun jika imbang, atau kalah, Justin Hubner dan kolega akan mengadu nasib di peringkat tiga terbaik.

Pasalnya, hasil imbang tetap akan menempatkan Indonesia di posisi ketiga di bawah Jepang. Itu, karena Jepang unggul selisih satu gol dari Indonesia. Sementara Indonesia diketahui masih minus satu gol setelah kalah 3-1 dari Irak dan menang 1-0 dari Vietnam.

Begitu pula jika Indonesia kalah dari Jepang, mereka akan tetap mengadu nasib di peringkat tiga terbaik. Namun sejauh ini, anak asuh Shin Tae-yong telah renempati posisi puncak klasemen tiga terbaik dengan tiga poin.

Disusul Timnas Suriah dengan baru mengemas satu poin dan Timnas Tajikistan yang juga baru mengemas satu poin. Alhasil, pada laga ketiga Piala Asia akan menentukan nasib Indonesia lolos atau tidak sama sekali.

Berita Terkait
Baca Juga